Publikamalut.com
Beranda Nasional Hanyut 11 Hari, Nelayan Asal Morotai dan Tidore Ditemukan Perairan Filipina

Hanyut 11 Hari, Nelayan Asal Morotai dan Tidore Ditemukan Perairan Filipina

Nelayan Morotai Yang hanyut saat melaut tiba Pelabuhan Talaud Sulawesi (dok: Basarnas Ternate)

PUBLIKA-Morotai, Dua nelayan  Pulau Morotai yang sempat hilang saat pergi melaut akhirnya ditemukan dalam keadaan selamat di perairan negara tetangga Filipina.

Dua nelayan Morotai yang hanyut  ke perairan Filipina dengan indentitas Sukri Soleman (41) asal desa Loleo Kecamatan Morotai Jaya, Yusup Abd. Rahman (45) asal Desa Tomagoba Kecamatan Tidore.

Kepala Basarnas Ternate Fathur Rahman menjelaskan. Informasi ditemukannya nelayan tersebut diterima pada kamis 14/09/23 dari Lanal Melonguane.

Kronologis ditemukannya kedua korban. Pada tanggal 09 September 2023 pukul 12.00 WITA, Kedua nelayan tersebut ditemukan oleh Nelayan asing (Filipina) di sekitar perairan Kepulauan Palau. Nelayan Filipina tersebut memberikan BBM sebanyak 100 liter kepada kedua nelayan asal Morotai untuk perjalanan pulang.

BACA JUGA:Pembangunan Jalan Lingkar Pulau Morotai Terhambat Lahan, Ini Sebabnya

Nelayan tersebut kemudian melakukan perjalanan untuk kembali ke morotai. Namun karena BMM yang diberikan tidak cukup untuk sampai ke tempat tujuan dan hanya bisa sampai ke perairan pulau Miangas. Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara.

Pada tanggal 13 September 2023 pukul 20.00 WITA, Longboat kedua nelayan telah berada di Perairan Pulau Miangas namun belum dapat sandar.

“Pada tanggal 14 September 2023 pukul 06.30 WITA, Longboat akhirnya dapat sandar di Pelabuhan Umum Miangas selanjutnya pukul 06.40 WITA, kedua nelayan asal morotai dibawa ke Polsek Miangas untuk diberikan makan, minum, pengecekan kesehatan serta dimintai keterangan,”hal ini disampaikan Kepala Basarnas Ternate Fathur Rahman dalam keterangan tertulis, Kamis (14/9).

BACA JUGA:Lantik 5 Pejabat, Gubernur AGK Defenitifkan Kepala Bappeda Maluku Utara

Pukul 09.00 WITA, setelah dimintai keterangan di Polsek Miangas, Kedua Nelayan dibawa ke Pos AL Miangas untuk istirahat sambil menunggu proses pemulangan ke Pulau Morotai.

“ Pkl. 10.40 WIT, Unit Siaga Morotai melaksanakan koordinasi dengan BPBD Morotai diinfokan untuk kepulangan akan di laksanakan koordinasi antara BPBD Morotai dengan BPBD Sulawesi Utara. Kondisi korban dalam keadaan sehat dan sisa menunggu hasil koordinasi untuk di bawa pulang ke morotai,”terangnya.

BACA JUGABanjir Melanda Kawasan Industri IWIP, Kendaraan dan Alat Berat Terendam 

Sekedar diketahui, identitas dua nelayan Morotai yang hanyut sampai ke perairan Filipina yakni nelayan dengan indentitas Sukri Soleman (41) asal desa Loleo Kecamatan Morotai Jaya, Yusup Abd. Rahman (45) asal Desa Tomagoba Kecamatan Tidore.

Dilaporkan pada tanggal 03 September 2023 pukul 03.30 WIT, Korban berangkat melaut ke arah rompon menggunakan Long Boat dengan dua buah mesin 15 PK, namun hingga saat laporan kejadian diterima Basarnas korban belum kembali dan belum diketahui keberadaannya.

Menurut keterangan rekan nelayan korban mereka tidak melihat keberadaan korban di sekitar rompon ditempat korban biasa mencari ikan.(red)

BACA JUGA :

Siswa dan Guru 3 Madrasah Aksi Tolak Perusahaan Tambang  di Pulau Mangoli

Deprov Minta Gubernur AGK Stop Tebar Janji Bangun Temadore

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *