Publikamalut.com
Beranda Daerah Pemda Sula Resmikan Rumah Produksi Kopra Putih di Desa Mangoli

Pemda Sula Resmikan Rumah Produksi Kopra Putih di Desa Mangoli

Peresmian rumah produksi kopra Putih di Kepulauan Sula (dok:Nai Am for PUBLIKAmalut.com)

PUBLIKA-Sanana, Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara resmikan rumah kopra putih di Desa Mangoli, Kecamatan Mangoli Tengah.

Peresmian ini langsung dari Wakil Bupati M. Saleh Marsabessey dan didampingi oleh Kadis PMD, Rahmat Hidayat Silia serta Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Suwandi H. Gani dan Kemendesa PDTT, Selasa (24/10/2023).

Dalam kesempatan itu, Wabup mengatakan adanya pabrik kopra putih ini dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat setempat.

“Alhamdulillah. Dengan adanya rumah kopra putih ini dan sejumlah alat produksi koprah dan minyak goreng dari kemendes ini sangat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat. Juga merupakan proses pola pikir untuk harus melangkah lebih maju bagimana berpikir tentang perekonomian masyarakat,” tutur M. Saleh.

BACA JUGA:Rekomendasi KASN, Tergantung Perinta Gubernur Maluku Utara

Lanjut Saleh, ini dikarenakan harga kopra putih jauh lebih tinggi.

“Kopra putih miliki harga yang berbeda denga koprah biasa,” cetus Wakil Bupati Sula.

Demikian, dia meminta kapada BUMdes Desa Mangoli, selaku pengelola alat produksi itu agar dapat menjelani mitra bersama petani kopra lokal di Pulau Mangoli.

BACA JUGA:Menteri Sandiaga Uno Bakal Hadir FTW Kepulauan Sula Tahun 2023

“Saya menghimbau kepada BUMdes agar supaya bisa bekerja sama dengan petani kelapa yang baik. Saling perkuat dan saling menguntungkan. Artinya tidak untung sepihak, BUMdes untung patani juga untung,” harapnya.

“Sehingga mitra terus terjalin, yang memiliki tujuan kopra putih dan produksi kopra putih atau produksi minyak goreng dan kelapa terus dikembangkan,” sambung Wabup.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Direktur pembangunan sarana prasarana Dirjen PDTT Kemendes RI Sofyan Hanafi. Dia berharap adanya tempat produksi kopra putih ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

BACA JUGA:Tutup Defisit APBD-P, Mendagri Perintah Pemprov Malut Pangkas Belanja

‘Jadi kami memangdang dengan adanya kegiatan ini, kami berharap rumah produksi dapat memberi nilai tambah, otomatis kesejahteraan masyarakat akan meningkat,” ucap Sofyan.

Sekedar diketahui, dari Kemendes PDTT RI itu berupa satu buah mesin kupas kelapa, satu buah mesin belah kelapa, satu buah mesin peras kelapa dan satu buah mesin parut kelapa serta satu buah mesin produksi minyak goreng. (Cr03/red).

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *