Publikamalut.com
Beranda Daerah DPRD Coret, Rencana Pemda Halmahera Utara Bangun Stadion Terancam

DPRD Coret, Rencana Pemda Halmahera Utara Bangun Stadion Terancam

Gedung DPRD Halmahera Utara (dok:malutsatu.com)

PUBLIKA-Halut, Rencana Pemerintah Daerah (Pemda) Halmahera Utara (Halut) membangun stadion sepak bola di tahun 2024 mendatang terancam batal, Pasalnya DPRD Halmahera Utara tidak disetujui, karena stadion bukan menjadi program prioritas daerah, selain itu kondisi keuangan daerah.

Ketua Komisi III DPRD Halut Sahril Hi. Rauf mengatakan, bahwa rencana pembangunan stadion akan menelan anggaran senilai Rp. 10 miliar, melekat di Dinas Pekerjaan Umum (PU), sementara kondisi keuangan kita belum sehat, sehingga harus dipertimbangkan.

“ini buka menjadi skala prioritas di APBD  tahun 2024,  bawaan hutang Pemda ini cukup besar. Sehingga jangan jadikan ini sebagai beban kas Daerah dan ini bukan soal coret mencoret,  dilihat disini adalah dari mana sumber anggaran untuk membangun stadion,”katanya.

BACA JUGA:DPRD Jadwalkan Paripurna Penetapan Usulan Pj Gubernur Maluku Utara

“Keuangan Daerah saat ini tidak sehat, kata pak Bupati Halut,  banyak hak-hak pegawai, Kades, dan lain-lain belum diselesaikan, ini menunjukan bahwa pendapatan Daerah kita tidak stabil,”Kata Sahril menambahkan, Rabu (22/11).

Politisi Partai Hanura itu mengaku harus pelajari sumber anggaran, karena untuk anggaran transfer pusat sudah jelas dan porsi-porsi sudah ada, termasuk DAU anggarannya sebesar Rp. 5,3 miliar alamat belanja sudah jelas.

“DAU itu ploting anggarannya sudah jelas, seperti pembayaran gaji P3K, Kesehatan, Pendidikan, dan infrastruktur, dari anggaran sebesar Rp. 5,3 miliar. artinya Pemda Halut tidak punya kewenangan mengotak-atik anggaran tersebut, makan itu yang menjadi alasan kami untuk mencoret program pembangunan stadion,”tegasnya.

Sahril bilang, jika kedepan Pemda Halut memaksakan untuk membangun stadion tersebut maka DPRD tidak bertanggung jawab ketika ada masalah.

“kita lihat saja kedepan jika memang mereka serius untuk membangun, walaupun sudah dicoret oleh DPRD maka sebagai legislatif kami tidak bertanggung jawab,”tukasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua DPRD Halut Janlis G. Kitong menuturkan, pada prinsipnya apa yang menjadi usulan itu adalah prioritas, jika ada anggaran akan dibangun.

“Semua ini tergantung kondisi keuangan, jika ada anggaran sudah pasti dibangun, jika tidak ada anggran maka belum dibangun, untuk stadion ini perencanaannya sudah ada sejak tahun 2022 lalu, namun karena kondisi keuangan Halut ini melemah sehingga belum dibangun,”singkatnya.(Al/red)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan