Publikamalut.com
Beranda Advertorial Disarpus Malut Berikan Bantuan Buku ke Dua Komunitas Literasi

Disarpus Malut Berikan Bantuan Buku ke Dua Komunitas Literasi

Kadis Sarpus Malut (Kameja Biru) Kabid Perpustakaan (kos itam Unjung) menyerahkan bantuan buku ke dua komunitas literasi (dok:PUBLIKAmalut.com)

PUBLIKA-Ternate, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Maluku Utara kembali memberikan bantuan buku, kali ini sasaran bantuan ke komunitas penggiat literasi Fala Baca Sulamadaha Kota Ternate dan Fola Madodoto Rum kota Tidore Kepulauan.

Bantuan buku tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Malut Muliadi Tutupoha kepada ketua Komunitas Penggiat literasi Falabaca Sulamadaha, Misbun M Saleh sebanyak 91 judul buku dan 182 eksemplar sementara penyerahan buku ke Fola Madodoto Rum diterima langsung Nurdin Safrudin, sebanyak 91 judul dari 192 eksemplar , penyerahan bantuan tersebut ditandai dengan penandatanganan berita acara, berlangsung di Falabaca Sulamadaha, disaksikan Kabid Perpustakaan Malut, Usuri staf Disarpus, serta pengurus komonitas literasi, Minggu (24/4).

Kepala Disarpus Malut Muliadi Tutupoha dalam kesempatan itu mengaku, Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya, janji Disarpus Malut tahun lalu akan memberikan bantuan buku. Meskipun bantuan tersebut masih sangat terbatas.

“ketersedian buku kami sangat terbatas, sehingga bantuan yang kami berikan juga masih terbatas, pasalnya Disarpus Malut juga memberikan bantuan buku ke beberapa penggiat literasi lainnya,”ujarnya.

Lanjut Muliadi, bantuan buku yang diberikan jangan dilihat pada jumlah buku, namun harus dimanfaatkan buku-buku tersebut pada masyarakat lebih khusus pada generasi dengan mendorong minat baca.

“Kami berharap dengan bantuan buku yang terbatas ini dapat dimanfaatkan secara baik. Selain itu dengan bantuan buku ini dapat mendorong minat baca masyarakat setempat,”harapnya.

Lanjut Mantan Juru bicara Pemprov Malut itu mengaku baik komunitas literasi Fala Baca Sulamadaha maupun Fola Madodoto Rum, dapat memberikan bagi masyarakat dan lebih khusus pada generasi kita agar bisa mengakses buku-buku yang ada di Fala Baca Sulamadaha dan Fola Madodoto Rum.”

Semoga rumah baca fala Sulamadaha terus membuka ruang pada masyarakat umu sehingga masyarakat, pelajaran dapet mengakses buku-buku yang ada di Fala Baca ini.

“Literasi ini tidak mengenal usia, makananyabFala Baca dan Fola Madodoto ini jangan hanya jadikan tempat orang membaca buku saja, namun juga harus punya inovasi. Semakin banyak kegiatan semakin bagus apa lagi melibatkan semua masyarakat, ini sangat bagus karena akan berdampak pada pola pergaulan masyarakat,”jelasnya

Inovasi dan kreativitas itu penting untuk menarik para pemuda, misalnya ngopi bareng sambil melihat lihat buku yang ada di Fala Baca ini, kemudian jika Vsudah melihat harus membaca dan seterusnya.”mendorong minta baca ini harus butuh proses untuk itu, Falabaca dan Fola Madodoto menjadi garda terdepan dalam memberikan solusi bagi masyarakat,”harapnya.

Selain itu juga Disarpus Malut juga minta dukungan dari komunitas literasi ini, terkait dengan program festival literasi.”saya berharap dukungan dari komunitas literasi Baik yang ada di kota Ternate maupun di Tidore agar bisa berpartisipasi dalam menyukseskan rencana pelaksanaan Festival Literasi,”harap mantan ketua KPU Provinsi itu.(tim/red)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *