Publikamalut.com
Beranda Daerah Abu Vulkanik Gunung Dukono Selimuti Pusat Kota Halmahera Utara 

Abu Vulkanik Gunung Dukono Selimuti Pusat Kota Halmahera Utara 

Abu Vulkanik gunung Dukono selimuti Pusat Kota Tobelo Kabupaten Halmahera Utara (dok:Al/PUBLIKAmalut.com)

PUBLIKA-Tobelo, Abu vulkanik menyelimuti pusat kota Tobelo Kabupaten Halmahera Utara (Halut), akibat dari erupsi gunung api Dukono, Selasa (7/11) sekitar pukul 15.35 Wit.

Sebelumnya beberapa hari ini gunung api dukono ini sudah semburkan abu vulkanik namun mengikuti arah angin ke barat, hari ini arah angin cenderung ke arah timur yang mengakibatkan Daerah pemukiman warga diselimuti abu vulkanik.

Kasatpol PP Halut Muhammad Kaco mengatakan, dengan turunnya abu vulkanik gunung api dukono ini warga diminta agar berhati-hati ketika melalukan aktifitas, karena abu vulkanik ini cukup tebal berbeda dengan hari-hari sebelumnya.

“Iya, kami hanya meminta agar masyarakat berhati-hati ketika melakukan aktifitas, lampu kendaraan hadus dinyalakan karena jarak 20 sampai 50 meter ini menggangu pandangan mata dan jangkauan penglihatan sudah terbatas,”jelasnya, Selasa (7/11).

BACA JUGA:Pokir Tak Cair, Anggota DPRD Malut Mengeluh  ke Sekprov

Disebutkannya, abu vulkanik ini dipastilan masih terus turun ke pusat Kota Tobelo dan sekitanya, Satpol PP Halut berencana melalukan penyiraman jalan dipusat Kota Tobelo, namun kondisi sore ini belum bisa dilakukan karena abu vulkanik masih turun.

“Kami sudan berkoordinasi dengan BPBD untuk melalukan penyemprotan air ke ruas jalan agar aktifitas warga tidak terganggu, rencana penyemprotan ini dilakukan pada malam hari menggunakan mobil damkar,”tuturnya

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *