Publikamalut.com
Beranda Ragam Dubes Tiga Negara Bakal Saksikan Festival Tanjung Waka Kepulauan Sula

Dubes Tiga Negara Bakal Saksikan Festival Tanjung Waka Kepulauan Sula

Festival tanjung Waka Kepulauan Sula pada beberapa waktu lalu (dok: istimewa)

PUBLIKA-Sanana, Festival Tanjung Waka tahun ini bakal hadir Duta besar (Dubes) dari Amerika, Dubes Australia dan Dubes Inggris.

Bukan hanya tiga penjabat diplomatik negara asing itu yang akan mengahadiri FTW 4 sampai 7 November 2023 di Desa Fatkauyon, Kecamatan Sulabesi Timur, Kabupaten Kepulauan, Maluku Utara.

BACA JUGA:Menteri Sandiaga Uno Bakal Hadir FTW Kepulauan Sula Tahun 2023

Ketua panitia FTW Sahjuan Fatgehipon kepala awak media mengatakan 10 pejabat daerah Kabupaten/kota di provinsi Malut juga rencana hadir.

“Sementara tamu yang bakal hadir di acara FTW nanti dari Dubes Australia, Amerika dan Inggris,” ungkap Sahjuan saat temui awak media di Isda, Jumat (27/10/2023).

“Tapi untuk pemerintah 10 Kabupaten/kota dalam hal ini Bupati dan walikota masih menyatakan kesiapan diri untuk hadir. Nah Kalau bupati Halsel dan Halsel saat ini menuju di bobong,” lanjut ketua panitia.

BACA JUGA:Pilpres 2024, Gubernur AGK Pilih Ganjar Pranowo Ketimbang Gibran

Sahjuan yang diketahui Kepala Bappeda Sula itu juga mengatakan, FTW 2023 ini, para pengunjung akan dijamu dengan kuliner khas Kepulauan Sula dan bakal di promosikan ke mancanegara.

Selain itu, adapun tarian seni dan budaya asal sula juga ditampilkan. Serta dikreasikan berbagai macam tarian seperti tarian penyu, tarian ikan roa, tarian kenari, tarian lebah.

Menurut dia, dengan adanya berbagai cama identitas asal Kepulauan Sula ditampilkan, maka FTW menjadi iconic yang istimewa.

“Kuliner yang bakal hadir di hajatan nanti. Panitia dan LO menyiapkan makanan lokal seperti papeda, sinoli, gepa, pola, ikan roa, halua kenari (Menu makanan dalam bahasa sula,”

Sedangkan kegiatan seni yang bakal ditampilkan di ajang FTW nanti yaitu tarian Klosal, laka baka, bela yai, gambus, ronggeng gala.

Tambah ketua panitia, untuk persiapan pelaksanaan FTW, hampir seratus persen rampung.

“Persiapan pelaksanaan FTW dari 80 persen sudah menjadi 90 persen. Sedangkan, sejumlah kegiatan sudah maksimal dan saat ini masuk dalam tahapan gladi,” Papar Sahjuan.(Cr03/red).

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *