Publikamalut.com
Beranda Nasional Menhub Tinjau Lokasi Bandara Baru Maluku Utara, Ini Skema Bangun Bandara Loleo

Menhub Tinjau Lokasi Bandara Baru Maluku Utara, Ini Skema Bangun Bandara Loleo

Menhub Budi Karya Sumadi didampingi Gubernur Malut KH Abdul Gani Kasuba Anggota DPR RI Irene Yusiana dan pimpinan SKPD Pemprov Malut tinjau lokasi rencana pembangunan Bandara Maluku Utara.(dok: Dephub.go.id)

PUBLIKA-Sofifi, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau lokasi rencana pembangunan bandar udara Loleo di Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara, Jumat (15/9).

Dalam tinjauan, Menhub didampingi Gubernur Maluku Utara KH Abdul Gani Kasuba, Walikota Tidore Capt Ali Ibrahim, anggota DPR RI Irene Yusiana, Direktur Jenderal Perhubungan Udara M. Kristi Endah Murni, serta pimpinan SKPD dilingkungan Pemprov Malut.

Lokasi calon bandara baru ini terletak di Desa Aketobololo, sekitar 23 kilometer (km) dari Kota Sofifi (Ibukota Maluku Utara).

BACA JUGAGubernur AGK :Investor Bakal Bangun Jembatan Temadore dan Bandara Loleo

Presiden Setuju, Gubernur AGK : Pembangunan Bandara Loleo Gandeng Investor

Menhub menyampaikan, bandara ini akan dibangun oleh pihak swasta dengan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Sementara pemerintah daerah akan melakukan pembebasan lahan.

“Hari ini kita ke Loleo, Provinsi Maluku Utara, kita merencanakan akan membangun satu bandara yang melengkapi Ibukota Maluku Utara yaitu Sofifi,” ujar Menhub sebagimana dilansir dari Dephub.go.id.

Bandara Loleo rencananya akan dibangun di atas lahan seluas 400 hektar, dengan panjang runway 2.400 meter dan lebar 45 meter. Menhub berharap, adanya bandara baru Loleo ini akan semakin mendukung transportasi di Maluku Utara, khususnya kota Sofifi.

“Selain itu, pariwisata yang merupakan andalan dari Maluku Utara bisa digalakkan, para investor yang akan melakukan kegiatan penambangan mendapatkan bandara yang proper, dan bandara baru dapat digunakan untuk penerbangan haji” lanjut Menhub.

BACA JUGAPertemuan Gubernur Malut dan Menhub RI, Bandara Loleo Rencana Dibangun Tahun 2023

Sementara anggota Komisi V DPR RI, Irine Yusiana mengatakan, konektivitas selalu menjadi tantangan di Maluku Utara.

“Sehingga apapun dukungan pusat terkait pembangunan yang berkaitan dengan perhubungan harus disambut baik dan didukung penuh,” ucapnya.(red)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *