Publikamalut.com
Beranda Advertorial Festival Marabose, Wagub Malut Ajak Promosikan Pesona Alam dan Budaya ke Kanca Internasional 

Festival Marabose, Wagub Malut Ajak Promosikan Pesona Alam dan Budaya ke Kanca Internasional 

Wakil Gubernur Maluku Utara, Ir.Al Yasin Ali (tengah) mengahdiri acara pembukaan Festival Marabose Halmahera Selatan (dok: Adpim)

PUBLIKA-Halsel, Wakil Gubernur Maluku Utara, Ir.Al Yasin Ali, MMT, mengahdiri sekaligus memberikan sambutan dalam acara pembukaan Festival Marabose Ke II tahun 2023, bertempat di area UMKM Milenial, swering pantai tembal, Selasa (8/8/23)

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Halmahera Selatan, Wakil Bupati Halmahera Selatan, Sultan Palembang bersama permaisuri, Pimpinan dan Anggota DPRD Halmahera Selatan Forkompimda Haalmahera Selatan, mewakili Sultan Bacan.

Wagub Al Yasin dalam sambutanya mengatakan, Bacan adalah sebuah pulau yang terletak di wilayah Maluku Utara, Indonesia. Pulau ini memiliki sejarah yang kaya dan dikenal sebagai pusat perdagangan rempah-rempah yang penting selama berabad-abad.

BACA:

Festival Tanjung Waka 2023, Puluhan Kapal Pasiar Bakal Datang di Kepulauan Sula

Selain itu, Bacan juga merupakan lokasi dari Kerajaan Bacan, yang memiliki peran signifikan dalam sejarah kepulauan Maluku.

Kabupaten Halmahera Selatan selain dikenal dengan Batu Bacan-nya, juga memiliki berbagai macam destinasi wisata khususnya wisata bahari yang memiliki kualitas internasional. “Pesona Kepulauan Widi dengan gugusan pasirnya yang begitu indah dan Kepulauan Tawale dijuluki Surga Tersembunyi yang membuat banyak wisatawan menyamakan dengan Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat,”ujarnya.

BACA JUGA: 

Puskesmas dan 386 rumah di Kabupaten Halmahera Tengah terendam banjir

Dirinya menyampaikan, bahwa setiap tahun Pemerintah daerah di Sepuluh Kabupaten dan Kota terus mencari terobosan-terobosan baru yang inovatif dan berpotensi meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui kekayaan Sumber Daya Alam dan kekayaan budaya di masing-masing daerah.

Salah satunya adalah Festival marabose Kabupaten Halmahera Selatan yang merupakan bagian dari upaya Pemerintah daerah untuk memperkenalkan kekayaan budaya dan Sumber Daya Alam yang ada di Maluku Utara.

“Dengan adanya festival seperti ini maka kita akan berpeluang besar meraih kunjungan wisata tak ada batasnya,”ungkap mantan Bupati dua periode tersebut.

Marabose bukan hanya sekadar acara biasa, tetapi sebuah panggung di mana kita dapat menghargai, merayakan, dan meresapi warisan budaya kita bersama. Melalui seni, musik, tari, kuliner, dan beragam perlombaan tradisional, serta pentas seni budaya yang bernuansa kearifan lokal.

BACA JUGA:

Pemprov Maluku Utara Bakal Rekrut 2.321 Tenaga PPPK

“Festival Marabose menjadi ajang yang luar biasa untuk menjalin hubungan sosial, memperkuat rasa persatuan, dan menjembatani pemahaman antarbudaya,”pungkasnya

Atas Nama Pemerintah Daerah Maluku Utara, “saya Mengucapkan Terima Kasih Kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia atas dukungan kegiatan Pariwisata di Maluku Utara,”ucapnya

Dirinya juga menyampaikan terimakasih kepada semua tamu undangan, khususnya para Jurnalis, Fotografer, Influencer/Artis, Videographer, Vlogger, Blogger, Divers, Komunitas Lokal dan Nasional yang hadir pada hari ini. Semoga dengan kehadiran saudara-saudara akan dapat ikut mempromosikan kekayaan budaya dan SDA masyarakat halmahera Selatan di dunia internasional.(red)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan