Publikamalut.com
Beranda News Anggota DPR RI Alien Mus Ajak Masyarakat Sula Menanam Tanaman Bulanan

Anggota DPR RI Alien Mus Ajak Masyarakat Sula Menanam Tanaman Bulanan

Anggota DPR RI Alien Mus memberikan arahan di acara bimtek (dok:Anto)

PUBLIKA-sanana, Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)  Alien Mus mengajak masyarakat Kabupaten Kepulauan Sula untuk bertani dan fokus pada tanaman bulanan.

Hal ini sampaikan oleh Alien Mus, diacara Bimbingan Teknis (Bimtek) bersama masyarakat. Dalam kegiatan ini turut hadir Direktur Jenderal Perkebunan Pertanaman RI,berlangsung di Beliga Hotel Desa Fagudu Kecamatan Sanana, Selasa (30/5/2023).

Alieb mengatakan saat ini masyarakat di Kepulauan Sula arah mindset bertani sudah harus mengarah pada taman bulanan, karena dalam segi pendapatan lebih cepat didapat.

“Cuman kita masyarakat Kabupaten Kepulauan Sula dan pada umumnya Maluku Utara torang (Kami)  tidak bisa lagi fokus  hanya ada di tanaman musiman, kita barus cari tanaman yang cepat bisa dikonsumsi atau bisa dijual lebih cepat”, Kata Alien.

Mantan Ketua DPRD Malut periode 2014-2019 itu mengaku di Kabupaten Kepulauan Sula perkebunan Kelapa cukup besar, sehingga perlu didorong untuk menempatkan industri di Sula.

“Akan membangun sinergi dengan Ditjen Perkebunan Kementan RI untuk memanfaatkan potensi kelapa yang cukup besar di Kabupaten Kepulauan Sula. perlu didorong pembeli buah kelapa dapat menempatkan industrinya di Kepulauan Sula,”Harapnya.

Alien mengaku telah menyampaikan ke Direktur Tanaman Tahunan dan Penyegar Ditjen Perkebunan, Rizal Ismail di jakarta untuk bersinergi antara Kementerian Pertanian dengan Pemda Kabupaten Sula atas potens kelapa yang ada d Sula, sehingga saat ini dirinya meminta data.

“Untuk di kelapa insah Allah menunggu fitbek dari ibu Bupati untuk mengetahui berapa sih hasil kelapa yang ada di kabupaten kepulauan Sula ini, namun saya telah sampaikan ke Kementerian Pertanian terkait dengan pontes kelapa di Kepulauan Sula,”ucapnya.(cr-03/red)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan