Publikamalut.com
Beranda News Musrenbang Tahun 2024, Wabup Harap Program Terarah Bangun Kepulauan Sula

Musrenbang Tahun 2024, Wabup Harap Program Terarah Bangun Kepulauan Sula

Wabup Kepsul M Sale Marsabessy menyampaikan sambutan di acara Musrenbang RKPD (dok:PUBLIKAmalut.com/Anto)

PUBLIKA-sanana, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara, melaksanakan kegiatan Forum Perangkat Dearah dan Musyarawah Perencaan Pembangunan (Musrembang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2024.

Dalam kegiatan itu turut dihadiri Kepala Bidang Perekonomian dan Perdagangan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Maluku Utara, Sarifudin Rajilun. Yang dilaksanakan Istana Daerah Kepsul Desa Fegudu Kecamatan Sanana, Selasa (28/3/2023).

Wakil Bupati M Saleh Marasabessy dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan rancangan ini  mengacu pada undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah. 

“Kami semakin mempertegas komitmen kita bersama dalam meningkatkan komunikasi dan jalinan kerjasama di samping memberikan penguatan pada proses perencanaan,”ungkapnya

Perencanaan terkolaborasi dari pemerintah pusat dan provinsi, Tambah Saleh, dengan tujuan agar gagasan dan pemikiran dapat bersinergi menjadi suatu bentuk upaya yang konkrit dalam mengatasi berbagai permasalahan lokal maupun regional.

Lanjut orang nomor dua di pemda Kepsul itu, untuk mengantisipasi perkembangan kondisi pembangunan yang semakin progresif yang dihadapkan dengan arah kebijakan pembangunan Kepulauan Sula.

“Kedepan masih di hadapkan dengan keterbatasan pendanaan pembangunan dan Pemerintah masih terfokus pada upaya penanganan pemulihan ekonomi masalah kesehatan dan perlindungan sosial,”jelasnya

Kemudian hal ini juga sangat berdampak pada target pencapaian yang sudah disiapkan oleh pemerintah daerah dalam perencanaan 5 tahun kedepan dan tahapan pelaksanaan melalui rencana pembangunan.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa pada tahun 2024 kita akan mengikuti agenda nasional yaitu  pemilihan DPRD dan DPD pada tanggal 14 februari 2004 yang kemudian dilanjutkan dengan pemilihan kepala daerah dan Peesiden pada tanggal 27 november 2024,” tutur Saleh

Selain itu kata dia hal tersebut dapat penyelenggaraan demokrasi juga akan menggunakan anggaran yang sangat signifikan berangkat dari keterbatasan dalam kondisi anggaran yang di hadapi di tahun 2022 dan 2023 ini pada rencana pembangunan di tahun 2004 nanti.

“Pemerintah daerah tetap optimis untuk melakukan langkah-langkah kebijakan terbaik dengan berkolaborasi dengan program pemerintah pusat dan program pemerintah provinsi untuk memberikan fokus terhadap program-program yang sifatnya mendesak yang harus kita tanggulangin segera,” ucapnya

Maka tema pembangunan di Kepsul tahun 2024 adalah penguatan birokrasi reformasi dan peningkatan kinerja birokrasi yang berbasis dengan fokus privasi pembangunan diarahkan pada satu peningkatan.

“Peningkatan kualitas pelayanan yang inovatif  peningkatan pengelolaan pemerintah yang selektif dan transparan untuk percepatan mengantisipasi kemiskinan melalui pemberdayaan masyarakat berdasarkan tema  pembangunan di tahun 2024 tersebut,”katanya

Selanjutnya pemerintah daerah akan melakukan kolaborasi sarana prasarana dan pendapat pokok-pokok pikiran bersama DPRD Kepsul yang mematuhi regulasi yang mengatur pokok-pokok pikiran untuk mewarnai arah kebijakan pembangunan daerah.

“Pada momentum yang sangat baik ini kembali saya mengajak semua pimpinan dan aparatur di perangkat daerah serta seluruh stakeholder untuk berpikiran terbuka memiliki visi ke depan yang terintegrasi dalam inovasi yang baik,”harapnya

Dengan demikian, diharapkan penyelenggaraan pembangunan pada tahun 2024 akan lebih terarah dan lebih fokus serta mampu menjawab permasalahan.

“Saya berharap rancangan pembangunan pada tahun 2024 ini akan lebih terarah dan lebih fokus serta mampu menjawab permasalahan di Kepulauan Sula,”tutup Saleh (tr03/red).

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *