Publikamalut.com
Beranda Daerah Progres Pembangunan Mesjid Raya Sofifi Capai 86 Persen

Progres Pembangunan Mesjid Raya Sofifi Capai 86 Persen

Progres Proyek Pembangunan Mesjid Raya Sofifi (dok : Publikamalut.com)

 SOFIFI-PUBLIKA, Proyek pekerjaan pembangunan mesjid Raya Sofifi sampai saat ini telah mencapai 86 persen, sehingga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Malut sangat optimis rampung sebelum pelaksanaan STQ Nasional sebagai target yang ditetapkan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Jafar Ismail mengaku bahwa progres pekerjaan mesjid Raya Sofifi terus mengalami peningkatan, sehingga dengan sisa waktu yang ada ini, Mesjid Raya Sofifi sudah dapat digunakan pada saat perhelatan STQ Nasional pada pertengahan Oktober 2021 mendatang.”Mesjid Raya Sofifi akan menjadi lokasi utama pelaksanaan STQ Nasional, sehingga akan menjadi fokus utama Dinas PUPR Malut dan Alhamdulillah program pekerjaan terus mengalami peningkatan sehingga kami sangat optimis rampung sebe STQ Nasional,”katanya.

Menurutnya dalam pelaksanaan, ada sedikit kendala terutama faktor cuaca, sehingga peasangan menara sedikit terhadap, namun untuk menghindari terjadi sesuatu, maka dua menara mesjid telah dipasang anti kilat.”pekerjan sedikit terhambat pada menara mesjid karena sangat tinggi, sehingga pada saat hujan tidak bisa dikerjakan, namun di dua menara telah dipasang Anti kilate,”singkatnya.

Sementara pejabat pembuat komitmen (PPK) Masjid Raya Sofifi, Sutanto, S.T, memaparkan, untuk progres pekerjaan baru diatas 86 persen.“Minggu ini mencapai 86 persen. Ada beberapa kegiatan yang menjadi PR kami yang saat ini kami berusaha memaksimalkan baik tenaga kerja maupun materialnya yaitu pekerjaan menara,” katanya, 

Lanjut dia, menjelaskan, bahwa ada item pekerjaan yang memakan waktu, sehingga menyebabkan keterlambatan dalam pekerjaan, seperti menara Masjid.“Menara memang ada sedikit tantangan karena ketinggian, kemudian untuk bagian dalam bagian keramik untuk lantai dasar sudah selesai, plafon tinggal menunggu lampu sama AC. AC posisi sudah di Menado, lampu dalam perjalanan menuju Ternate dengan kapal kontener, kemudian untuk lantai duanya alhamdulillah keramik juga sudah terpasang, tapi masih kurang 50 persenan,” beber Sutanto.

Dia juga optimis, pada saat pelaksanaan kegiatan STQ Nasional Tahun 2021 di Sofifi, Ibu Kota Provinsi Maluku Utara pada tanggal 16 Oktober nanti, semua proses pekerjaan sudah tuntas.“Untuk capaian waktu yang tersisa kurang lebih satu bulan lebih, kami dilapangan optimis. Insya Allah hari H (kegiatan STQ) Mesjid sudah siap,” harapnya.(*)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *