Publikamalut.com
Beranda Ragam Turunkan Angka Stunting, Kampung KB di Kepulauan Sula Dilaunching 

Turunkan Angka Stunting, Kampung KB di Kepulauan Sula Dilaunching 

Kegiatan launching kampung KB di Kepulauan Sula (dok:tox)

PUBLIKA-Sanana, Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sula, launching 65 desa sebagai kampung keluarga berkualitas (KB) dan percepatan penurunan stunting, kegiatan launching berlangsung di Istana Daerah, Desa Fagudu, Sabtu (8/06).

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Penduduk dan Keluarga Berencana Marini Nu Ali menyampaikan, program kampung keluarga berencana merupakan program Kemendagri RI. diberikan ditargetkan 100 persen.

“Ini adalah program dari Kemendagri, dan targetnya 2024 harus sudah 100 persen. Dan untuk pembentukan kampung KB kita kepulauan Sula  akhir tahun 2023 sudah 100 persen, namun launching baru dilaksanakan di 2024,” ungkap Marini.

Menurutnya pada tahun 2016 lalu telah dibentuk kampung keluarga berencana sebanyak 13 desa tersebar di beberapa kecamatan di Kepulauan Sula. dan saat ini 65 desa  launching sebagai kampung KB.

BACA JUGA:Dokumen DOB Lengkap, Bupati Sula Optimis Pulau Mangoli Jadi Kabupaten Baru

Sementara Wakil Bupati Kepsul M. Saleh Marasabessy di temui awak media menjelaskan, program keluarga berencana (KB) dan menekan angka stunting tidak dapat dipisahkan.

“Kampung KB ini kita inginkan keluarga di Sula ini menjadi keluarga sejahtera, karena  warga warga sejahtera, dipastikan anak-anak  bebas dari stunting. Oleh karena itu dua program ini tidak bisa dipisahkan antara satu dan yang lain,” tutur wabup

Menurutnya Pemkab Kepulauan Sula telah berhasil menekan angka stunting mencapai 18 persen dan tinggal selangkah lagi mencapai target nasional di 2024. Dengan begitu adanya program kampung KB dan program kampung stunting maka cita-cita generasi milenial bakal terwujud.

“Kita harapkan kerja sama, sehingga kepala desa serta aparatur desa harus betul-betul kerja keras untuk menyiapkan data yang baik sehingga program direncanakan pemerintah kabupaten terarah dengan data yang disiapkan oleh masing-masing kades,” tegas Saleh.(Tox/red)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *