Publikamalut.com
Beranda Ragam Pj. Gubernur Maluku Utara Buka FGD Salawaku PKN II Angkatan III

Pj. Gubernur Maluku Utara Buka FGD Salawaku PKN II Angkatan III

Pj Gubernur Malut buka Forum Group Discussion (FGD) Sport Tourism Strategi Kepemudaan dan Olahraga Wilayah Maluku Utara (dok:Adpim)

PUBLIKA-Ternate, Penjabat (Pj). Gubernur Maluku Utara, Drs. Samsuddin A. Kadir, membuka secara resmi acara pembentukan tim efektif eksternal dan Forum Group Discussion (FGD) Sport Tourism Strategi Kepemudaan dan Olahraga Wilayah Maluku Utara (Salawaku) yang digagas reformer Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) II angkatan III, Ir. Saifuddin Djuba, bertempat di lantai 3 Bella Hotel Ternate, Rabu (22/5).

Pj. Gubernur dalam sambutannya mengungkap bahwa pemuda adalah tulang punggung negara, karenanya pemuda memiliki tanggung jawab dalam pengembangan potensi SDM di masa kini dan akan datang.

“Khusus untuk pemuda Malut, yang saat ini jumlahnya mencapai kurang lebih 3 ribu orang ternyata masih menyisakan 12 persen pada tingkat pengangguran terbuka atau 6,93 persen adalah pengangguran,” katanya.

Jika demikian lanjut Pj. Gubernur, posisi pemuda kita, maka sebagai pemerintah daerah, patut menjadi perhatian extra dengan terus menciptakan peluang kerja dan pembinaan baik dari skill individu maupun skill kolektif.

Kehadiran para pemangku kebijakan di tingkat pemprov Malut dan pemda Kabupaten/Kota akan menjadi modal besar bagi kita semua untuk duduk bersama untuk merancang model pembinaan pemuda berdasarkan kemampuan SDM hingga ada peluang kerja bagi para pemuda.

BACA JUGA:Bangun Lintasan Atletik, Dispora Malut Anggarankan Rp 2 Miliar

“Melihat rancangan proyek perubahan yang digagas pada hari ini, tentunya kita memiliki harapan dan optimisme yang tinggi bagi masa depan pemuda untuk menjadikan olahraga tidak hanya sebagai gelanggang prestasi melainkan juga menciptakan model pendapatan lain seperti menjadikan olahraga sebagai objek pariwisata untuk mendulang pendapatan,” harapnya.

Berbicara tentang Sport Tourisem atau pariwisata di bidang olahraga, maka tentunya kita melihat semua cabang olahraga yang  mampu menghadirkan pendapatan bagi daerah. Pengelolaan olahraga yang melibatkan masyarakat luas dapat membuka peluang usaha untuk meningkatkan pendapatan masyarakat pebisnis untuk mempromosikan daerah ini memalui olahraga.

Oleh karena itu menurut Pj. Gubernur, melalui seminar dan FGD ini, dirinya menaruh harapan besar kepada seluruh peserta agar dapat memberikan masukan yang positif guna memperkuat SDM pemuda Malut.

Harapan saya kepada reformer, Ir. Saifuddin Djuba, agar dapat memanfaatkan hasil FGD ini untuk memperkuat rancangan proyek perubahan yang digagas dan mampu mengawal konsep sport tourism menjadi nyata di daerah Malut.

Acara itu dihadiri oleh sejumlah pimpinan OPD pemrov Malut, para ketua dan perwakilan dari pengprov berbagai cabang olahraga serta tamu undangan lainnya. (red)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *