Publikamalut.com
Beranda Advertorial Pj Gubernur Lepas Keberangkatan 1.098 Jamaah Calon Haji Maluku Utara 

Pj Gubernur Lepas Keberangkatan 1.098 Jamaah Calon Haji Maluku Utara 

Pj Gubernur Malut Samsuddin A Kadir bersalaman dengan JCH Maluku Utara bakal bertolak ke Tanah suci Arab Saudi (dok:Adpim)

PUBLIKA-Ternate, Pj Gubernur Maluku Utara Samsuddin A Kadir resmi melepas keberangkatan 1.098  jamaah calon haji (JCH) Maluku Utara tahun 2023.

Pelepasan ditandai dengan penyerahan benderah daerah kepada ketua rombongan haji, bertempat di Aula Raudah Asrama Haji Ngade, Sabtu (18/5/24).

Berdasarkan kuota JCH Maluku Utara  yang akan diberangkatkan dari ternate sebanyak 1098 orang.

Terdiri dari Kota Ternate jumlah JCH sebanyak 264 orang, Halmahera Selatan 194 orang, Tidore Kepulauan 118 orang, Kabupaten Sula 113 orang, Halmahera Utara 99 orang, Halmahera Barat 76 orang, Halmahera Tengah 72 orang, Halmahera Timur 66 orang, Morotai 48 orang, Taliabu 39 orang, dan PHD Maluku Utara berjumlah 9 orang.

Pj. Gubernur dalam sambutannya menyampaikan, bahwa keberangkatan Jamaah Calon Haji ini merupakan awal dari rangkaian perjalanan ibadah haji dengan niat mengharap ridha Allah subhana wata’ala.

“Ibadah haji yang merupakan salah satu rukun Islam, diwajibkan bagi yang mampu melaksanakannya. Mampu dari segi ekonomi  dan segi kesehatan, baik kesehatan fisik maupun mental,”katanya.

BACA JUGA:Mendagri Resmi Lantik Sekda  Samsuddin A Kadir Sebagai Pj Gubernur Maluku Utara 

Pada kesempatan tersebut, Pj. Gubernur juga menitipkan pesan kepada kepada seluruh jamah calon haji untuk selalu fokus dalam melaksanakan berbagai rukun haji

“Saya menitipkan pesan kepada seluruh Jamaah Calon Haji dari Provinsi Maluku Utara, selain untuk fokus melaksanakan berbagai rukun haji, juga diharapkan mampu bertindak sebagai duta-duta bangsa dan duta daerah yang berbaur dengan berbagai suku bangsa, umat Islam dari seluruh penjuru dunia,” ucap Samsuddin.

“perhatikan kesehatan agar sesuai harapan kita bersama bahwa semua Jamaah Calon Haji yang berangkat bisa melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji dengan lancar dan sehat wal’afiat sampai kembali ke tanah air,”Sambung  Samsuddin.

Dirinya juga meminta kepada semua pantitia haji baik PPIH, TPHD, PPID dan seluruh lembaga terkait untuk terus memberikan pelayanan haji yang terbaik bagi seluruh jamaah.

Sementara itu Kepala staf penyelenggaraan haji sekaligus kepala kemenag provinsi Maluku Utara, Drs, Amar Manaf mengatakan JCH Maluku Utaratergabung dalam tiga kelompok terbang yaitu kloter 11 yakni JCH berasal dari Kota Tidore, Kabupaten Sula, Kabupaten Halmahera Barat, Halmahera Utara, dan Kabupaten Taliabu

Sememtara kloter 13 terdiri dari JCH Halmahera Selatan, Halmahera Tengah, Pulau Morotai, Halmahera Timur, Kota Ternate sebahgian, dan Halmahera Utara, sedangkan kloter 15 terdiri dari semua jamah asal Kota Ternate.(red)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *