Publikamalut.com
Beranda Daerah Puluhan Rumah Warga di Pulau Mangoli Terendam Banjir

Puluhan Rumah Warga di Pulau Mangoli Terendam Banjir

Rumah warga Kecamatan Mangoli terendam banjir akibat hujan deras (dok: istimewa)

PUBLIKA-sanana, Puluhan rumah warga di Desa Waitina, Kecamatan Mangoli Timur, Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara terendam banjir.

Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 11.00 wit, pada Jumat 14 Juli 2023 di Desa Waitina Kecamatan Mangoli Timur, seusai hujan lebat melanda Kepulauan Sula.

Sehingga sungai Waigafu meluap dan melanda 48 Rumah Warga.

Peristiwa itu, Kepala BPBD Kepsul Buhari Buamona saat di konfirmasi Via WhatsApp, mengatakan pihaknya akan turun ke lokasi tersebut.

“Sementara jumatan setelah Jumat baru meluncur,”ungkapnya

Buhari bilang, pihaknya belum bisah menyampaikan apa-apa. Karena belum melakukan pengecekan di lokasi banjir tersebut.

“Belum bisah beri tanggapan Ade nanti torang cek dulu,”katanya

Terpisah Kepala Desa Waitina Sirajudin Umasangadji menyampaikan, Banjir tersebut masuk di puluhan rumah warga yang terjadi sekitar pukul 11:00 wit dini hari di RT 01, 02 dan 03 pada lingkungan dusun 1.

“Banjir terjadi sekitar jam 11:00 wit dan ada 48 Rumah Warga yang tergenang Air terdiri dari warga RT.01.02 03 Lingkungan Dusun 1,”ungkapnya

Mewakili masyarakat, pihaknya (Sirajudin red) berharap kiranya Pemerintah Daerah (Pemda) agar kiranya dapat memperhatikan kondisi tersebut.

“Harapan Pemdes dan Masyarakar Desa Waitina kiranya ada perhatian dari Pemda Sula, Pemprov Malut dan pemerintah Pusat,”harapnya

Banjir hingga masuk ke rumah warga itu Lanjut Sirajudin, karena dua sungai besar yang tergabung menjadi satu sehingga menyebabkan luapan tersebut.

“Air Kali Waigafu yang meluap ke Air Kali Waisenga, lalu hantam rumah warga,”tutupnya.(Cr-03/red)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan