Publikamalut.com
Beranda Advertorial PUPR Malut Kucuran DAK Rp 30 Miliar, Prioritas Bangun Saluran Irigasi

PUPR Malut Kucuran DAK Rp 30 Miliar, Prioritas Bangun Saluran Irigasi

Kadis PUPR Malut Saifuddin Djuba (dok:Ais)

PUBLIKA-Sofifi, Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Malut) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Malut di tahun 2023 ini anggarankan Rp 30 Miliar  lebih bersumber dari alokasi anggaran khusus (DAK) untuk pembangunan dan pemeliharaan  saluran irigasi di tiga Kabupaten di Maluku Utara.

Tiga lokasi jadi fokus Dinas PUPR Malut untuk meningkatkan pembangunan saluran irigasi ke lahan pertanian diantaranya saluran Irigasi Kobe Kabupaten Halmahera Tengah, Saluran Irigasi Wayamli Kabupaten Halmahera Timur dan saluran irigasi Goal Kabupaten Halmahera Barat.

Pemprov mendapat kucuran DAK tersebut merupakan upaya Gubernur Malut Abdul Ghani Kasuba, melalui dinas teknis PUPR Malut yang dipimpin Saifuddin Djuba, untuk mendorong percepatan pembangunan di Maluku Utara, dengan menyodorkan program pembangunan ke pemerintah pusat.

“Tahun 2023 ini Dinas PUPR Malut dapat kucuran DAK kurang lebih 70 miliar lebih secara total dari anggaran tersebut Rp 40 miliar lebih untuk pembangunan jalan dan 30 miliar lebih untuk pembangunan irigasi,”hal ini disampaikan Kepala Dinas PUPR Malut Saifuddin Djuba dalam keterangan persnya, Minggu (26/2)

Ia menjelaskan, pembagunan irigasi yang dikerjakan melalui DAK dengan total senilai Rp 30 milir lebih diantaranya, irigasi Wayamli senila Rp 15 miliar lebih, irigasi Goal senilai Rp 8,7 miliar lebih dan irigasi Kobe senilai Rp 6 miliar lebih.

“Insya Allah semuanya akan berjalan sesuai dengan perentukannya, karena DAK harus programnya jelas,” katanya.

Ia menambahkan pembangunan saluran irigasi di beberapa daerah sebagai bentuk dukungan pemerintah mendorong sektor pertanian dan ketahanan pangan.(red)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *