Publikamalut.com
Beranda Daerah Korban Hilang Bertambah, TIM SAR Pencarian Penumpang KM Cahaya Arafah yang Tenggelam

Korban Hilang Bertambah, TIM SAR Pencarian Penumpang KM Cahaya Arafah yang Tenggelam

Tim SAR melakukan pencarian korban KM Cahaya Arafah yang tenggelam (dok: Basarnas Ternate)

PUBLIKA-Halsel, Tim  Sar Gabungan yang terdiri dari Basarnas, TNI/Polri dan Potensi SAR lainya kembali melanjutkan Operasi SAR hari ke 2 pencarian terhadap 13 korban penumpang yang masih hilang atas tenggelam Kapal Motor (KM) Cahaya Arafah di perairan pulau Tokaka, Halmahera Selatan Maluku Utara. Hal ini dikatakan Kepala Basarnas Ternate Fathur Rahman dalam keterangan pers, Selasa (19/7)

Fathur menambahkan, Pencarian dimulai pukul  07.30 WIT, TIM SAR gabungan membagi Sru dan melakukan pencarian di search area masing-masing Sru yang telah dibuat. Direncanakan Sru 1 melakukan pencarian seluas 8.7 Nm dari LKP dengan menggunakan Sea Rider Kn. Pandudewanata.

Sru 2 melakukan pencarian seluas 11.6 Nm dari LK dengan menggunakan Rubber Boat Unit Siaga Sar Bacan, Sru 3 melakukan pencarian seluas 9.7 Nm dari LK dengan menggunakan Speed Boat BPBD Halsel, dan Sru 4 melakukan pencarian seluas 15 Nm di pesisir perairan desa Tokaka dengan menggunakan Long Boat masyarakat.

Fathur mengaku, sesuai laporan manifest awal terdapat total POB 76 orang yang berada di atas kapal Km. Cahaya Arafah. Namun setelah di data kembali terdapat 77 orang dan 64 telah ditemukan dalam keadaan selamat, serta tersisa 13 orang yang masi dalam pencarian.

“Km. Cahaya Arafah sebelumnya dilaporkan tenggelam di perairan pulau Tokaka, Halmahera Selatan saat berlayar dari Ternate menuju Gane barat pada Senin, 18 Juli 2022, Jumlah Korban 77 Orang, selamat 64 Orang, sedangkan dalam pencarian 13 orang, bahkan laporan manifes masi bersifat sementara, kemungkinan ada perubahan,”ungkapnya.(red)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan