Publikamalut.com
Beranda Hukrim Halut Diguncang Dua Kali Gempa, Puluhan Rumah Rusak dan Dua Orang Cedera

Halut Diguncang Dua Kali Gempa, Puluhan Rumah Rusak dan Dua Orang Cedera

 

Rumah Warga di Halmahera Utara yang rusak akibat dari gempa bumi. (dok:istimewah)

PUBLIKA-HALUT, Dua kali gempa bumi mengguncang wilayah Halmahera Utara (Halut) pada Senin (10/1/2022) pagi. Data BPBD Halut, puluhan rumah rusak, juga tiga tempat ibadah, dan dua warga mengalami cedera. 

Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang dilansir sejumlah media nasional menyebutkan, gempa pertama terjadi pada subuh pukul 04:27 Wib atau pukul 06:27 Wit dengan kekuatan 5,2 magnitudo. Pusat gempa, 1.52 LU-127.86 BT, sekitar 4 kilometer (km) barat laut Halut. 

Sekitar 32 menit kemudian, pada pukul 04.59 Wib atau pukul 06.59 Wit, terjadi gempa susulan berkekuatan 5,5 magnitudo. Pusat gempa, 49 Lintang Utara (LU)-127.85 BT, 5 km barat daya Halut. Gempa berkekuatan 5,2 dan 5,5 tersebut di tengah laut dengan kedalaman 10 km itu, tidak berpotensi tsunami, tapi diingatkan untuk berhati-hati dengan kemungkinan gempa susulan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Halut Abner Maneri saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya akan turun ke lokasi kejadian, melihat lansung beberapa rumah yang rusak karena gempa yang terjadi pada pagi tadi. “Kami akan turun ke lokasi, apakah masyarakat yang terkena bencana ini diungsikan atau tidak. Intinya, kami akan turun ke lokasi,”ujarnya.

Akibat gempa tersebut, BPBD Halut mencatat, rumah warga yang rusak, sebanyak 34 rusak ringan, 18 rusak sedang, dan 5 rumah rusak berat. Selain itu, 3 rumah ibadah rusak ringan, dan kantor Desa Kusuri juga rusak ringan. 

BPBD juga mencatat warga mengalami korban, satu orang patah tulang, dan seorang lagi cedera ringan. “Korban telah dilarikan ke Rumah Sakit untuk mendapat penanganan oleh tim medis,”kata Abner.(tr-01/red)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *