Publikamalut.com
Beranda News Dorong Sektor Ekonomi, Bupati Halsel Sambangi Dua Kementerian

Dorong Sektor Ekonomi, Bupati Halsel Sambangi Dua Kementerian

Bupati Halsel Usman Sidik didampingi beberapa pejabat Pemda Halsel temui Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki  (dok istimewa)

 PUBLIKA-JAKARTA, Untuk mendorong  ekonomi masyarakat Halmahera Selatan,  Bupati Halmahera Selatan, Usman Sidik terus melobi progam di Pemerintah Pusat, bahkan dalam beberapa hari kemarin Bupati Usman Sidik bertanda ke Kementerian Koperasi dan UMKM dan Kementerian Perdagangan RI.

Bertandang ke  Kementerian Koperasi dan UMKM, Bupati bertemu langsung dengan Menteri  Teten Masduki, Selasa (1/09/2021) sementara di Kementerian Perdagangan RI, orang nomor satu di Halsel disambut Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Syailendra di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (1/9/2021).

Kepada Menteri Teten, Bupati Usman Sidik menyampaikan bahwa Kabupaten Halsel memiliki potensi UMKM berbasis perkebunan, terutama kelapa, sagu, apalagi sumber daya kelautan seperti ikan dan lainnya. “Ini bagian dari upaya keras saya selaku Bupati Halmahera Selatan menggaet anggaran pusat untuk membangun daerah,”tambah Bupati.

Mantan wartawan ini juga meminta agar program bantuan pelaku usaha mikro (BPUM) dari Kemenkop supaya lebih banyak disalurkan di Halsel, mengingat beban sosial yang berat terlebih saat pandemi. 

Sebab kata Usman, masyarakat Halsel sangat memerlukan upaya yang mampu dan mendorong kemandirian ekonomi dari pihak Kementerian berupa pelatihan-pelatihan dan bantuan permodalan. “Kami harap lebih banyak program pengembangan UMKM dan Koperasi di kementerian dilakukan di Halmahera Selatan,” jelas Bupati. Seraya berjanji akan memperjuangkan masyarakat Halsel agar lebih dari kemarin. 

Menkop dan UKM Teten Masduki sangat menyambut baik kedatangan Bupati Usman Sididk. Dirinya memberikan apresiasi khusus karena meski di tengah pandemi, Bupati beranti tetap bekerja dan berinovasi dengan melobi pihak Kementerian di Jakarta.

Bupati Halsel bertemu dengan  Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Syailendra 

Sementara  Dalam pertemuan dengan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Syailendra di Kantor Kementerian Perdagangan, 

 Bupati Halsel menjelaskan saat ini kolaborasi antara pemerintah pusat dengan daerah untuk membangun sektor perekonomian pada bidang perdagangan di Halmahera Selatan sangat dibutuhkan.

“Alhamdulillah hari ini saya didampingi Kepala Disperindagkop Muhammad Nur dan dan sejumlah kepala bidang bisa bertemu dengan Pak Dirjen Perdagangan Dalam Negeri. Kami ingin ada kolaborasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk melakukan pembangunan di Halmahera Selatan,” katanya.

 

Pertemuan yang dilakukan dalam rangka percepatan pembangunan di Halmahera Selatan serta peningkatan kualitas pasar sebagai pusat perekonomian masyarakat dapat terealisasi dengan baik.

Sehingga program percepatan pembangunan yang selama ini diharapkan Presiden Joko Widodo bisa berjalan dengan baik di Indonesia terutama di Halmahera Selatan.

“Dalam pertemuan tersebut saya mengharapkan adanya bantuan pengembangan pasar dan pembangunan gedung sistem resi gudang (SRG) untuk menampung barang di Pulau Obi. Karena Pulau Obi sendiri dilewati oleh Tol Laut, tetapi terkendala dengan muatan balik maka harus dibangun SRG”harap Bupati.

Dalam kesempatan tersebut, Syailendra selaku Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan mengapresiasi atas kehadiran Bupati Halmahera Selatan. “Saya sangat mengapresiasi dan menyambut baik kehadiran bupati. Kita akan bantu semampu kita,” katanya. 

Syailendra menjelaskan pihaknya sangat mendukung program pembangunan pemerintah terutama dalam memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat Indonesia khususnya di Halmahera Selatan.(*)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *