Publikamalut.com
Beranda Daerah Panitia Buka Pendaftaran Peserta STQ Nasional di Sofifi

Panitia Buka Pendaftaran Peserta STQ Nasional di Sofifi

Kaban Bappeda Malut Salmin Janidi juga Ketua Panitia Daerah STQ Nasional di Sofifi (foto: istimewa)  

PUBLIKA-SOFIFI,Panitia Daerah sesuai dengan surat dari Kementrian Agama Republik Indonesia  dan panitia nasional telah menetapkan  jadwal pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) dan pendaftaran peserta mulai dibuka pada Kamis (1/7)  hari ini.

Ketua Panitia STQ Nasional Salmin Janidi menuturkan, Penetapan jadwal STQ nasional    pada tanggal 1 sampai 31 juli  diadakan pendaftaran peserta yang dapat dilakukan secara online maupun ofline. Selanjutnya ferivikasi tahap pertama yang diselenggarakan pada  tanggal 1 sampai 7 Agustus tahun 2021.  tahapan ferivikasi tahap dua  diselenggarakan pada tanggal 22 sampai tanggal 28 agustus. 

Sedangkan penetapan peserta “Insya allah panitia nasional akan menetapkan peserta dari seluruh daerah  tanggal 2 september tahun 2021 dan penyelenggaraan puncaknya akan diselenggaraka tanggal 16 sampai  25 oktober.”Jelasnya.

Salmin Mengaku, Penetapan ini berdasarkan surat direktorat jendral Bimnas  Kementrian Agama republik Indonesia nomor : B. 793/DJ/3.3/DA. 703.2/03/2021, dengan Pelaksanaan STQ Nasional di Sofifi dengan astaqa utama didepan Masjid Raya Sofifi.

Saat ini, Kata Salmin, Pihaknya sudah berkordinasi dengan PUPR  dalam waktu dekat pada bulan Agustus masjid Raya selesai dan dapat dimanfaatkan sebagai arena utama.

Disisi lain,terkait Khafila sesuai data Kemenag RI  20 peserta ditambah pendamping, pelatih , Oficcial dan penggembira panitia diminta mengalokasikan satu khafila 40 orang. Tidak hanya itu, Kepala Bappeda Malut mengatakan, untuk pelantika dewan hakim nasional  dilaksanakan di Aula Nuku lantai II Kantor Gubernur.

Dalam penyelenggaraan STQ Nasional juga akan dilaksanakan pawai mobil hias yang akan dipusatkan di Kota Sofifi Ibu Kota Provinsi Maluku Utara. “Setelah itu baru kita laksanakan malam ta’aruf satu sebelum malam pembukaan, dalam kegiatan itu juga akan dilaksanakan buka expo kegiatan UMKM yang akan kita pusatkan disamping sisi kanan masjid Raya,”Jelasnya. (*)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *