Publikamalut.com
Beranda News Ini Jadwal, Seleksi PPBD SMA/SMK di Malut

Ini Jadwal, Seleksi PPBD SMA/SMK di Malut

Kadikbud Malut  Imam Mahdi memantau proses ujian sekolah di Kota Ternate dalam masa Pandemi Covid-19

 

PUBLIKA-Sofifi,  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Utara telah menetapkan jadwal   seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) masuk sekolah menengah atas (SMA) maupun SMK Negeri tahun 2021/2022  secara serentak pada 28 Juni 2021.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Malut Imam Mahdi melalui Kepala Seksi Peserta Didik SMK Dikbud Malut Rastam Sudin menuturkan pendaftaran PPDB masuk SMA negeri akan dibuka selama tiga hari mulai 28-30 Juni 2021, dan tanggal 5 Juli pengumuman, tanggal 8 Juli pendaftaran ulang di sekolah.“Pembukaan pendaftaran PPDB baik SMA, SMK dan SLB di seluruh daerah Malut dibuka serentak pada 28 Juni 2021,”katanya.

Menurutnya seleksi PPDB ini menggunakan dua sistem yakni sistem online dan  offline pasalnya jaringan dibeberapa daerah masih minim.”pendaftaran secara online hanya di Kota Ternate itu pun di dua zona saja sementara di Motie dan batang dua gunakan offline,  sedangkan  di Tikep hanya Oba Tengah dan Selatan menggunakan sistem offline selain itu pendaftaran secara online, sementara 8 kabupaten lain menggunakan sistem offline,”katanya.

Menurutnya, pendaftaran PPDB SMA Negeri ini berdasarkan Peraturan Menteri (Permen) Kemendikbud No 1 Tahun 2021 tentang PPDB Jenjang TK, SD, SMP, SMA dan SMK segera dibuka untuk periode 2021/2022.  pendaftaran PPDB 2021 meliputi jalur zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua/wali dan prestasi.

“Kuota PPDB SMA yakni untuk jalur zonasi paling sedikit 50 persen dari daya tampung sekolah. Jalur afirmasi paling sedikit 15 persen dari daya tampung sekolah, kuota jalur perpindahan tugas orang tua/wali paling banyak 5 persen dari daya tampung,sedangkan  jalur prestasi ini ada dua prestasi akademik dan non akademik,”bebernya.(*)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *