Publikamalut.com
Beranda Daerah Jalan Lingkar Pulau Ternate Tertimbun Longsor, Warga Diimbau Waspada

Jalan Lingkar Pulau Ternate Tertimbun Longsor, Warga Diimbau Waspada

Pihak BPJN langsung turunkan alat berat untuk membersihkan material longsor akibat hujan deras di Kelurahan Dorpedu Kota Ternate (dok: istimewa)

PUBLIKA-Ternate. jalan lingkar  Pulau Ternate tepatnya di Kelurahan Dorpedu Kecamatan Ternate Pulau tertimbun longsor setelah hujan deras semalam, Minggu (5/3/2023.

Tidak ada korban jiwa dalam bencana alam tersebut, hanya saja arus lalulintas sempat terhenti,  lantaran material akibat longsor menutupi badan jalan setinggi 2 meter.

Pihak keluarga bersama warga setempat turun membersihkan material longsor namun mengalami kesulitan lantaran menggunakan alat seadanya, 

Sehingga pihak Kecamatan kemudian berupaya berkoordinasi dengan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Maluku Utara sehingga alat berat diterjunkan untuk membersihkan material longsoran.

“Sekitar jam 6 tadi sudah di TKP sini saya perintahkan masyarakat membersihkan dengan alat seadanya skop dan pacul, sementara material ini setinggi 2 meter,” kata Umrah Latif, Lurah Dorpedu.

“Karena alat terbatas jadi kita buatkan saja jalur darurat supaya kendaraan bisa lewat,” jelasnya.

Selain itu ujung desa Dorpedu, talut  penahan bahu jalal sepanjang 20 meter juga amblas ke dasar tebing. Sejumlah rambu telah terpasang untuk mengingatkan para pengendara.

Pihak Kepolisian menghimbau warga Ternate agar selalu waspada karena wilayah Provinsi Maluku Utara, khususnya Kota Ternate masih dilanda hujan adan angin kencang dengan intensitas sedang hingga tinggi.

“Curah hujan di Kota Ternate tidak stabil kebetulan di Dorpedu ini banyak tebing-tebing jadi menghimbau kepada masyarakat agar lebih ihktiar atau waspada mengingat terjadinya longsor. Alhamdulillah tidak terjadi korban jiwa atau korban materil,” pinta Bhabinkamtibmas Dorpedu-Aketaduma Bripka Suritno Jamaludin.(red)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *