Publikamalut.com
Beranda Daerah Penghasil Rumput Laut, Warga Pohea Kepsul Harap Perhatian Pemda

Penghasil Rumput Laut, Warga Pohea Kepsul Harap Perhatian Pemda

Kades Pohea Kepsul Rudi Duwila (dok:PUBLIKAmalut.com/Anto)

PUBLIKA-Sanana, Bali Kementrian Maluku dan Maluku Utara malaksanakan Pelatih Bimtek dalam membudidayakan Rumput laut bersama warga Desa Pohea.

Pelatihan Ini bertujuan untuk meningkat pemehaman terhadap warga dalam membudidayakan rumput laut.

Kegiatan ini berlangsung di kantor Desa Pohea Kecamatan Sanana Utara, yang di hadir langsung oleh Wakil Bupati Kepsul, Ir. Hj Saleh Marsabessy, pada Sabtu (5/11/2022).

Kepala Desa Pohea, Rudi Duwila mengaku sangat berterima kasih kepada Bali Kementerian serta Ibu Alien Mus DPR-RI yang telah menggelar pelatih bimtek di Desa Pohea.

“Saya sangat apresiasinya kepada pihak Balai Kementrian Maluku dan Maluku Utara bersama Ibu Alien Mus DPR-RI, yang menjadikan Pelatihan Bimtek di desa ini.” Katanya.

Menurutnya di wilayah Kacamatan Sanana Utara kepsul,  khususnya Desa Pohea memiliki potensi rumput laut yang sangat besar.

“Kalau potensi rumput laut di desa ini sangat besar, setiap tahun hasil panen rumput laut mencapai 5 ton,”ujarnya.

Salain potensi yang melimpah tamba Rudi, sebagian warga yang saat telah membudidayakan telah mendapat penghasilan dalam waktu cukup tempo.

“Kalau untuk Desa Pohea, itu benar bahwa tiap bulan atau dalam waktu 44 hari warga telah panen dan sudah menikmati hasilnya.” ucapnya

Sambung Rudi mengaku hampir 50 persen warga Desa Pohea telah beralih mata pencarin di laut dengan cara membudayakan rumput laut. Namun warga yang saat ini membudidayakan rumput laut masih dalam mengunakan alat yang sederhana.

“Untuk sementara sudah 50 persen warga malakuan pekerjaan itu, dan itu insiatif warga sendiri dan masih menggunakan alat manual dan hasil baik.” Ungkapnya.

Rudi berharap, agar pemerintah daerah (Pemda) serta pemerintah provinsi Malut, dapat memperhatikan terkait budidaya rumput laut di desa pohea tersebut.

“Saya berharap agar dapat di perhatikan langsung oleh Pemda serta pemprov malut.” Harap Rudi(tr03/red).

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *