Publikamalut.com
Beranda News Persiapan Makin Matang, Jelang Pembukaan FKNT 2022

Persiapan Makin Matang, Jelang Pembukaan FKNT 2022

Gladi bersih persiapan pembukaan FKNT 2022 Tidore Kepulauan (dok:PUBLIKAmalut.com)

PUBLIKA-TIDORE, Panitia pelaksana Festival Kampung Nelayan Tomalou (FKNT) 2022 terus mematangkan persiapan acara.FKNT 2022 dengan tema “Menjaring Kekuatan di atas Sampan” bakal dibuka secara resmi oleh Menteri KKP RI, Sakti Wahyu Trenggono, pada 7 Maret 2022. 

Sekretaris DKP Malut, Ridwan Arsan menyampaikan persiapan sudah mencapai 95 persen jelang H-1 pembukaan,. “Saat ini tinggal dimatangkan untuk acara seremoni pembukaan nanti, serta koordinasi hal-hal teknis lainnya,””ujar Ridwan ketika ditemui dilokasi acara, Kelurahan Tomalou, Tidore Kepulauan, Sabtu (5/3/2022).

Seluruh rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan sudah diberikan kepada masing-masing penanggung jawab. Dan sejauh ini semuanya lancar tidak ada laporan kendala.

Ia mengapresiasi antusiasme masyarakat dan panitia khususnya dalam mensukseskan FKNT 2022 ini. “Saya sangat  bangga kita bisa bersatu untuk mensukseskan event tahunan di Tomalou,”katanya 

Sementara Ketua Panitia FKNT 2022 Ismanto Saleh mengatakan pembukaan FKNT 2022 pada besok (Senin) seluruh Kepala Daerah di Malut diundang hadir, bukan hanya itu para wakil rakyat baik itu DPRD Provinsi maupun DPR RI, DPD RI juga diundang, serta forkopimda dan tamu lainya juga diundang, selain itu dari  jajaran Kementerian Kelautan dan Perikanan RI juga hampir semua hadir.”10 kepala daerah juga diundang, untuk DPR-RI dan DPD RI dapil Maluku Utara ini juga diundang dalam acara FKNT 2022 ini, serta forkopimda dan tamu undangan lainnya ”katanya.

 Bahkan para pejabat pejabat dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Malut telah tiba, dan rencana hari ini (Minggu) Prof Rokhmin Dahuri juga tiba di Ternate, sementara Menteri KP dijadwalkan tiba pada Senin (besok) pagi.

Pantauan wartawan di lokasi acara, jelang pembukaan, panitia terus mantapkan kesiapannya, , para penari kolosal melakukan geladi bersih. Tarian yang menceritakan tentang Tomalou sebagai kampung nelayan ini diikuti oleh anak muda hingga ibu-ibu. 

Panitia pelaksana telah mendesain acara ini sebaik mungkin dengan sejumlah item kegiatan yang wajib disaksikan, seperti Parade Kapal Nelayan, Foladomo dan Ritual Nelayan, Seminar Kampung Nelayan Maju.

Tak hanya itu, kegiatan menarik lainnya meliputi Seminar Sejarah Kampung, Mancing Mancing Mania FKNT, Dayung Bahari, Pekan Kuliner, Mewarnai Anak Nelayan, Talk Show, Pentas Bahari, dan Fun Camping. Selain itu, ada juga rangkaian acara seperti Bazar bahari, Ziarah, Dzikir, Tawaf Gam, serta Bersih-bersih pantai,” tutur  Ismanto.(red)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *