Publikamalut.com
Beranda News Peringati HAN, Gubernur Beri Motivasi Semangat Belajar ke Siswa

Peringati HAN, Gubernur Beri Motivasi Semangat Belajar ke Siswa

Gubernur Malut  didampingi Bunda forum anak Malut, Sekprov, Ketua Darma Wanita Malut dan Kadis PPPA Malut saat berdialog dengan para siswa (dok istimewa)

PUBLIKA-Sofifi, Gubernur KH Abdul Gani Kasuba menyerap aspirasi siswa di berbagai kabupaten/Kota secara virtual.Ini dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN)  pada tanggal 23 Juli setiap tahunnya yang diselenggarakan oleh dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provinsi Maluku Utara (Malut),  secara sederhana dan menerapkan Prokes secara ketat  bertempat di Restoran Secret Garden Sofifi, Sabtu (24/7).

Peringatan Hari Anak Nasional tahun ini dilaksanakan secara online karena masih dalam situasi pandemi Covid-19 dengan  tema peringatan Hari Anak Nasional 2021 secara nasional  adalah “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”.

 Gubernur KH Abdul Gani Kasuba menyampaikan bahwa orang tua harus memberikan perhatian khusus terhadap anak-anak. “Orang tua memberikan perhatian kepada anak Sehingga suatu saat mereka tumbuh menjadi generasi penerus bangsa yang akan menggantikan kita generasi pendahulu,”ucap Gubernur saat menyapa anak-anak di 10 kabupaten/kota yang hadir secara virtual 

Gubernur  sangat bahagia dapat menyapa dan mendengar langsung keluhan, masukkan, dan saran dari anak-anak yang sebagian besar berada di bangku SMA tersebut. 

Orang nomor satu di Pemprov Malut ini memberikan kesempatan kepada perwakilan dari beberapa kabupaten/kota untuk menyampaikan kondisi sekolah, kondisi tenaga pendidik (guru), hingga bagaimana perasaannya belajar ditengah pandemi Covid-19. 

Menjawab pertanyaan tersebut, Fahri,  perwakilan anak dari Kota Tidore Kepulauan mengungkapkan, saat ini masih menunggu informasi dari pihak sekolah terkait jadwal belajar  tatap muka. “Untuk sekolah pada saat ini memang kami menunggu informasi dari pihak sekolah mengenai belajar. Kami masih belum tatap muka,”ucap Fahri 

Menanggapi  itu, Gubernur berpesan dan memberikan semangat  agar  siswa tetap semangat untuk belajar, jangan jadikan pandemi sebagai alasan membatasi menimbah ilmu. Bahkan, Gubernur menegaskan, jika ada guru yang tidak proaktif agar segera dilaporkan. 

“Tidak boleh patah semangat, tidak boleh putus sekolah karena kondisi  terus belajar, jangan jadikan alasan karena Corona. Laporkan jika guru tidak proaktif agar bisa ditangani,”himbau gubernur

Ditempat yang sama, Bunda Forum Anak Malut, Hj. Faoniyah Jaohar Kasuba mengaku bangga dan memberikan apresiasi kepada anak-anak Maluku Utara.

“Bunda sangat bangga dan apresiasi kalian bisa melakukan hal-hal yang baik, bangkitkan imun tubuh ditengah pandemi . Pandemi ini menimbulkan tantangan kebutuhan hak anak,”tutupnya.

Sebagaimana  diketahui Hari Anak Nasional (HAN) diperingati setiap 23 Juli, semenjak Presiden ke-2 RI, Soeharto, mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor: 44/1984.

Pemilihan tanggal 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional diselaraskan dengan pengesahan Undang-Undang tentang Kesejahteraan Anak pada 23 Juli 1979. Maka, tanggal 23 Juli diperingati sebagai HAN hingga saat ini.

Turut hadir dalam acara ini, Sekretaris Daerah Samsuddin A Kadir  bersama  ketua Darma wanita Provinsi Maluku Utara Darmawati Samsuddin, Kadis PPPA Malut Musyrifah Alhadar, Pimpinan OPD lingkup Pemprov Malut, serta pengurus Forum Anak Maluku Utara.(*)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan