Publikamalut.com
Beranda News Tim SAR Evakuasi Penumpang KM Karya Indah Terbakar di Laut Sanana

Tim SAR Evakuasi Penumpang KM Karya Indah Terbakar di Laut Sanana

Tim SAR evakuasi penumpang KM Karya Indah yang terbakar di perairan laut Lifmatola (foto Basarnas Ternate untuk Publikamalut.com)

 

PUBLIKA-Kepsul.com, Tim SAR evakuasi para penumpang   KM Karya Indah yang mengalami kebakaran di perairan laut Lifmatola Sanana Kabupaten Kepulauan Sula, setelah mendapatkan laporan dari Kasat Pol-Air Sanana, Sabtu (29/5/2021) pukul 08.30 Wit.

“Pukul 09.35 Wit, Tim SAR Gabungan tiba lokasi kejadian dan langsung melaksanakan penyelamatan dan evakuasi terhadap semua penumpang dan ABK kapal yg berada di atas air dan lifecraft kapal dalam keadaan selamat semua untuk segera di bawa menuju ke Desa Waisum,”kata Kepala Kantor Basarnas Ternate Muhamad Arafah dalam siaran persnya, Sabtu (29/5/2021) malam.

Muhamad mengaku  laporan awal yang diterima, KM Karya Indah dengan rute Ternate – Sanana mengalami kebakaran sekitar 5 Mil arah Timur Laut dari Pulau Lifamatola. Informasi dari Kasi. Keselamatan Pelayaran KSOP Ternate bahwa jumlah penumpang KM Karya Indah yang Terdaftar di manifest sebanyak 181 orang serta 14 orang ABK Kapal.

“Pukul 11.10 Wit, Tim SAR Gabungan kembali mengevakuasi korban yang sudah terdata menuju ke sanana menggunakan RIB 01 Sanana sebanyak 15 Penumpang, Speedboat Pol-Air sebanyak 15 Penumpang dan sisanya di evakuasi menggunakan 10 Perahu nelayan,”ungkapnya.

Lanjut dia, Pukul 12.30 Wit, Tim SAR Gabungan memindahkan seluruh penumpang KM. Karya Indah ke KM. Fungka Permata 06 di Perairan Desa Waisakai untuk selanjutnya di bawa menuju ke Pelabuhan Sanana. Pukul 15.30 Wit, KM Fungka Permata 06 tiba di Pelabuhan Sanana dengan membawa total 117 penumpang, sementara Speedboat BPBD Kep. Sula membawa 10 penumpang. Total penumpang yang di evakuasi pada Pelabuhan Sanana sebanyak 127 pepenumpang.

Ia menambahkan, Pukul 17.33 Wit, Mendapatkan informasi dari OSC, Bahwa jumlah penumpang Kapal KM Karya Indah yang  terbakar berjumlah  257 orang. Pukul 19.25 Wit, mendapatkan laporan dari OSC bahwa jumlah penumpang yang berhasil dievakuasi dan telah didata oleh TIm SAR Gabungan di Posko Pengaduan Pelabuhan Sanana  saat ini 275 orang terdiri dari laki-laki 128 orang, perempuan 97 orang, anak-anak 35 orang serta 14 orang ABK kapal, dan 1 orang penumpang masih dalam pencarian.

“Tim SAR Gabungan melaksanakan debriefing hari pertama, selanjutnya Operasi pencarian terhadap KM. Karya Indah akan di lanjutkan besok pada Tanggal 30 Mei 2021 Pukul 07.00 Wit,”bebernya.(*)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *