Publikamalut.com
Beranda Advertorial Disarpus Malut Jalin Kerjasama Dengan Penerbit Buku

Disarpus Malut Jalin Kerjasama Dengan Penerbit Buku

Kadisarpus Malut Muliadi Tutupoho bertemu denhan Direktur Penerbit ANDI Yokyakarta (dok istimewa)

PUBLIKA-SOFIFI, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Provinsi Maluku Utara membangun hubungan kerja sama dengan penerbit buku di Yogyakarta, dalam rangka mendorong minat baca buku maka perlu menambah referensi buku di perpustakaan Provinsi Malut.

Membangun hubungan kerja sama ini, dimana Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Malut Muliadi Tutupoho mendatangi kantor Penerbit ANDI Yogyakarta disambut langsung direktur utama penerbit Yehezkiel Arman Gondowijoyo, Direktur Marketing, Adi Kristianto, dewan Rekadsi  Sucipto Hadi, Joko Irawan Mumpuni (Dewan Direksi, Direktur Andi Academy) dan Palar Putra Patria (Manager Marketing Area Indonesia Timur), Jumat (12/3/2021).

Dalam rangka meningkatkan minat membaca dan minat menulis sebagai bagian dari budaya literasi yang perlu ditumbuhkan di semua lapisan masyarakat, maka Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Propinsi Maluku Utara memiliki peranan yang sangat penting untuk mendorong terciptanya hal tersebut.

Karena dengan bertumbuhnya minat membaca dan minat menulis maka akan menciptakan iklim masyarakat yang semakin cerdas dan berwawasan luas,”Hal ini disampaikan Kadis Arsip dan Perpustakaan Malut Muliadi saat dikonfirmasi wartawan  Jumat (12/3/2021) tadi malam.

Foto bersama Kadisarpus Malut (tengah) dan Direktur Utama dan Marketing Penerbit ANDI Yokyakarta (dok: istimewa)

Mantan Juru Bicara Gubernur Malut itu mengaku, sebagai implementasi dari program tersebut, Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Propinsi Maluku Utara berkomitmen akan terus menambah dan melengkapi koleksi buku-buku bacaan di perpustakaan. Selain itu juga akan melakukan kolaborasi dengan lembaga penerbitan untuk mengembangkan semua program dan potensi yang mendorong bertumbuhnya minat membaca dan minat menulis khususnya di Propinsi Maluku Utara.

“Buku adalah jendela dunia, kualitas bacaan yang baik akan menentukan tingkat kecerdasan dan kemajuan dalam kehidupan bermasyarakat,”katanya.

Mulyadi mengatakan, sebagai langkah awal untuk mengimplementasikan program tersebut maka pihaknya akan mengadakan workshop dan pelatihan penulisan buku secara online (daring). Tujuan kegiatan tersebut adalah untuk mengangkat potensi penulis-penulis lokal dari semua elemen pendidikan dan seluruh lapisan masyakat Maluku Utara.

Lanjut dia, Program pelatihan penulisan buku ini akan dilakukan secara berkala, bekerja sama dengan Penerbit ANDI Yogyakarta sebagai penerbit berskala nasional. Penerbit ANDI akan memberikan pelatihan dan pendampingan bagi para penulis sampai buku diterbitkan, baik dalam bentuk buku fisik maupun ebook.

“Dengan kegiatan ini, maka berbagai ragam budaya, pariwisata, dan kearifan lokal Propinsi Maluku Utara akan dapat dieksplorasi dan terpublikasi lebih luas lagi, melalui produk – produk literasi yang akan dihasilkan,”harapnya.

Dalam kunjungan ini Dirut sangat menyambut baik langkah – langkah kerjasama kongkret kedepan. Harapan ke depan, dengan potensi dan sumber daya  yang ada di Penerbit Andi sangat memungkinkan untuk dilakukan kerjasama dan kolaborasi untuk memajukan dunia pendidikan di Propinsi Maluku Utara.

“Sebagai langkah awal pihak Andi akan siap mendukung program literasi untuk pelatihan penulisan buku, melalui narasumber-narasumber  yang kompeten dibidangnya,”ungkapnya.(adv/red)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *