Publikamalut.com
Beranda Ragam Bappeda Kick-off Meeting Penyusunan KLHS RPJPD Maluku Utara 2025-2045

Bappeda Kick-off Meeting Penyusunan KLHS RPJPD Maluku Utara 2025-2045

Kepala Bappeda Malut Sarmin Adam Buka Kick-off Meeting Penyusunan KLHS RPJMD 2025-2045 (dok:ul)

PUBLIKA-Ternate, Bappeda Maluku Utara melaksanakan kegiatan Kick-off Meeting Penyusunan KLHS RPJPD Pemprov Maluku Utara tahun 2025–2045 pada Rabu (22/5/2024).

Kepala Bappeda Maluku Utara, M Sarmin S. Adam, mengatakan bahwa kegiatan kick-off meeting ini merupakan langkah awal dan strategis dalam penyusunan kajian yang akan menjadi panduan Pemprov Maluku Utara untuk mengelola isu-isu lingkungan hidup ke depannya.

“Oleh karena itu, melalui kegiatan ini, kami mengharapkan semua pihak dapat memberikan masukan yang cerdas dan konstruktif sehingga kita bisa merumuskan alur yang baik menuju pembangunan yang berkelanjutan,” ujarnya.

“Hal ini dimaksudkan agar kita memiliki peta jalan menuju pembangunan lingkungan hidup yang lebih baik,” tambahnya.

Sarmin juga menyampaikan bahwa data dasar dalam penyusunan kajian ini harus diketahui dengan baik, termasuk kajian strategis dan target indikator selama dua puluh tahun ke depan yang akan digunakan sebagai dasar dalam menyusun RPJPD Pemprov Maluku Utara tahun 2025-2045.

“Untuk itu, perangkat daerah terkait diharapkan dapat memberikan dukungan data secara cepat dan terukur sehingga data dasar dan capaian-capaiannya dapat dijadikan bahan evaluasi untuk mengintegrasikan dalam perencanaan jangka panjang daerah 2025-2045,” jelasnya.

Kegiatan kick-off meeting ini sangat penting untuk dilaksanakan, dan diharapkan seluruh peserta dan tim penyusun KLHS RPJPD Pemprov Maluku Utara dapat berpartisipasi aktif.

“Dengan demikian, substansi yang disampaikan dapat terserap secara utuh dan diimplementasikan dalam proses penyusunan dokumen KLHS RPJPD Provinsi Maluku Utara,” katanya.

Ia menambahkan bahwa hasil kesepakatan dari kegiatan ini diharapkan dapat dilaksanakan dengan konsisten oleh tim penyusun dalam menyusun dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis.

“Semoga kita dapat menjaga komitmen bersama dalam mengawal pelaksanaan penyusunan dokumen yang lebih baik dan berkualitas,” pungkasnya.

“Akhir kata, dengan memohon ridha Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, kegiatan ‘kick-off meeting penyusunan KLHS RPJPD Maluku Utara tahun 2025-2045’ saya nyatakan dibuka,” tutupnya.(red)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *