Publikamalut.com
Beranda News Serahkan LHP ke Gubernur, BPKP Harap Rekomendasi Jadi Acuan

Serahkan LHP ke Gubernur, BPKP Harap Rekomendasi Jadi Acuan

Kepala BPKP Provinsi Malut Edy Suharto (Kameja putih) menyerahkan LHP ke Gubernur Malut KH Abdul Gani Kasuba (dok istimewa)

PUBLIKA-Ternate, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Edy Suharto melakukan penyerahan Laporan Hasil Pengawasan (LHP) Provinsi Maluku Utara Semester II Tahun 2022 ke Gubernur Maluku Utara K.H. Abdul Gani Kasuba, Lc (AGK) di Kediaman Gubernur di Ternate, Selasa siang (07/02/23).

Dalam penyerahan LHP Edy didampingi oleh Kepala Bagian Umum, Ali Muchtar, Koordinator Pengawasan Bidang APD, Albertus Mugi Susanto, Korwas Bidang AN Deny Ermawan, Korwas Bidang P3A, Edy Pramono, Pengendali Teknis Bidang APD Dwito Santoso, PFA Junaidi Bardadi. Sementara Gubernur AGK didampingi oleh Inspektur Provinsi Maluku Utara, Nirwan M.T. Ali.

 Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara menyampaikan bahwa Laporan Hasil Pengawasan ini merupakan hasil pengawasan yang telah dilakukan oleh BPKP Maluku Utara pada Semester II tahun 2022 di Pemerintah Daerah dan Instansi Vertikal di wilayah Provinsi Maluku Utara. BPKP Maluku Utara telah melakukan pengawasan sebanyak 47 Isu Strategis Pembangunan dan 104 Program Kerja Pengawasan.

Edy menambahkan, pengawasan yang telah dilakukan BPKP Malut meliputi kegiatan tata kelola Penanganan Covid-19, Pengembangan Kota Sofifi, Optimalisasi Tol Laut, Percepatan Penanganan Stunting, Kapabilitas APIP, Penyelamatan Keuangan Negara, dan lain sebagainya. Ia berharap dengan adanya LHP ini Pemerintah Provinsi Maluku Utara dapat menggunakan rekomendasi BPKP sebagai langkah mengoptimalkan akuntabilitas tata kelolanya.

Selain penyerahan LHP, BPKP Malut juga melakukan Entry Meeting terkait Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran Provinsi Maluku Utara Tahun 2023. Adapun yang menjadi fokus pengawasan program pembangunan Pemerintah Daerah Provinsi Maluku Utara adalah sektor pariwisata, ketahanan pangan, dan pengentasan kemiskinan.

Sementara Gubernur Maluku Utara, K.H. Abdul Gani Kasuba memberikan apresiasi kepada BPKP jerih payah BPKP yang telah membantu pemerintah daerah melalui pengawasan. 

Lanjutnya, Gubernur menyampaikan bahwa pengawasan merupakan kegiatan yang berat, sehingga pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih. Gubernur juga menyampaikan komitmennya untuk menggunakan rekomendasi BPKP sebagai perbaikan tata kelola Pemerintah Provinsi Maluku Utara.(red)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *