Publikamalut.com
Beranda Advertorial Sekprov Malut Buka Grand Final Duta Generasi Berencana

Sekprov Malut Buka Grand Final Duta Generasi Berencana

Sekertaris Daerah Provinsi Maluku Utara Samsuddin A Kadir (dok: Adpim)

PUBLIKA-Ternate, Sekertaris Daerah Provinsi Maluku Utara Samsuddin A Kadir membuka kegiatan grand final pemilihan duta generasi berencana (Genre) yang di selenggarakan oleh BKKBN perwakilan Malut (18/2/23).

Saat membuka kegiatan ini, Samsuddin menyampaikan, Langkah BKKBN mempersembahkan program Generasi Berencana sangat diharapkan menjadikan kualitas remaja Indonesia mampu menjadi remaja yang mampu menggantikan generasi berikutnya, sehingga Indonesia kelak semakin maju serta diperhitungkan di mata dunia.

Generasi yang dipersiapkan dengan terencana lanjut Samsuddin, memerlukan uluran dan kerjasama dari semua pihak, agar persoalan remaja serta kendalanya dapat diselesaikan secara bersama-sama. Karena generasi Berencana, bukan tidak mustahil akan melahirkan generasi emas bagi Indonesia yang akan berkontribusi dalam pembangunan bangsa dan negara di masa yang akan datang.

Dirinya juga mengatakan, Program GenRe merupakan wadah untuk mengembangkan karakter bangsa karena mengajarkan remaja untuk menjauhi Pernikahan Dini, Seks Pra Nikah dan NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif). Keberadaan duta Genre ini sekaligus menekan maraknya permasalahan remaja, dan yang yang paling menonjol adalah permasalahan seputar seksualitas.

Persoalan HIV/AIDS, penyalahgunaan narkoba dan rendahnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi dan usia kawin pertama yang relatif masih rendah, masih menimpa remaja, sehingga peran duta Genre perlu terus digiatkan. Ucap Sekprov.

melalui ajang ini, dirinya berharap kepada peserta dan pemenang dapat membantu BKKBN dalam meningkatkan sosialisasi Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana khususnya di kalangan remaja dan lingkungan sekitar mereka.

“Semoga ajang ini menghasilkan duta untuk tingkat nasional dan akan mengambil peran dalam melahirkan generasi Maluku Utara yang unggul di segala bidang, sehingga bisa menjadi contoh bagi daerah lain”. Ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Perwakilan BKKBN Malut, Renta Rego melalui sambutannya menyampaikan, Grand Final Pemilihan Duta Genre Provinsi Maluku Utara Tahun 2023 merupakan apresiasi bagi para remaja yang tergabung dalam PIK Remaja yang aktif mensosialisasikan triad KRR yaitu zero seks bebas, zero pernikahan dini dan zero NAPZA.

Tahun 2023, sambung Renta, BKKBN menargetkan 1182 kelurahan dan desa di Maluku Utara memiliki PIK Remaja dan sepasang Duta Genre putra dan putri.

“Hal ini sejalan dengan target indikator Perpres 72 tahun 2021 dan RAN PASTI, agar seluruh remaja di Maluku Utara mendapatkan akses informasi dan edukasi yang memadai”. Pungkasnya.

Grand Finalis Pemilihan duta Generasi Berencana (GenRe) Provinsi Maluku Utara tahun 2023 yang terdiri dari 10 peserta akhirnya dimenangkan oleh Nadya Salsabila Amari (putri asal Ternate/ Mahasiswi FK Hukum Unkhair) dan Mudrika Abd Asis Aji (Putra/Pelajar SMA 1 kabupaten Halsel) sebagai duta GenRe Provinsi Malut tahun 2023.

Turut hadir pada kegiatan ini, Kepala DPPKB Kota Ternate, Kepala DP3AKB Kabupaten Halmahera Selatan, Kepala DP2P3A Kota Tidore Kepulauan,Para Mitra Kerja, Para orang tua dan Para finalis Duta Genre. (red)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *