Publikamalut.com
Beranda Advertorial Dinas Pertanian Malut Optimis Penyerapan  DAK Capai 100 Persen di Akhir Tahun 2023

Dinas Pertanian Malut Optimis Penyerapan  DAK Capai 100 Persen di Akhir Tahun 2023

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Malut Muhtar Husen (dok:PUBLIKAmalut.com)

PUBLIKA-Sofifi, Program kegiatan bersumber dari Dana alokasi Khusus (DAK) di Dinas Pertanian Provinsi Maluku Utara sudah capai 80 persen lebih, sementara realisasi anggaran baru mencapai 20 persen. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pertanian Provinsi Malut Muhtar Husen saat dikonfirmasi wartawan kemarin.

Muhtar mengatakan meskipun realisasi anggaran baru 20 persen, pada akhir tahun 2023 capai 100 persen, karena saat ini sejumlah kegiatan telah selesai dikerjakan sehingga tinggal pencairan.

”Saat ini beberapa dokumen pencarian telah disiapkan untuk diajukan pencairan,”katanya.

Lanjut Muhtar diakhir tahun ini, masih ada beberapa kegiatan yang menjadi fokus Dinas Pertanian Malut yakni penanaman tanaman Hortikultura.

”diakhir tahun ini ada beberapa kegiatan yang kami akan laksanakan yang lebih fokus pada penanaman tanaman Hortikultura, jika kita ini terlaksana maka progres kegiatan DAK capai 100 persen,”ujarnya.

Kegiatan penanaman tanaman Hortikultura ini merupakan program utama Gubernur Malut KH Abdul Gani Kasuba di sepuluh kabupaten/kota dalam rangka penanganan angka inflasi serta mengatasi ketersediaan stok Pangan menghadapi bulan Ramadhan tahun depan.

“Ini program Gubernur Malut dalam rangka menekan angka inflasi dan mengatasi ketersediaan stok Pangan jelang ramadhan, dimana kita penanaman di akhir tahun ini, maka masa panen  di bulan Ramadhan,”harapnya.

Muhtar menambahkan kegiatan penanaman tanaman Hortikultura baru dimulai di Halmahera Barat, sementara di Kabupaten/kota lain rencananya di akhir bulan ini dan awal bulan Desember 2023.

”rencana bulan ini, jika anggaran telah tersedia atau awal Desember 2023,”terangnya.(red)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *