Publikamalut.com
Beranda Daerah Nunggak 4 Bulan Gaji Pemdes, Sejumlah Kades Datangi BKAD Halut

Nunggak 4 Bulan Gaji Pemdes, Sejumlah Kades Datangi BKAD Halut

Sejumlah kepala desa datangi BKAD Halut (dok:Al/PUBLIKAmalut.com)

PUBLIKAHalut, Sejumlah Kepala Desa di Halmahera Utara mendatangi kantor Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD), pasalnya sampai saat ini gaji  4 bulan staf pemerintah desa belum dibayarkan.

” ini adalah hak Pemdes namun masih saja tertunda, bahkan empat bulan pemerintah daerah belum bayar.

Amatan wartawan, sejumlah  kades yang mendatangi kantor BKAD itu yakni Kades Wari, Pitu, Rawajaya, Paca, dan Salube, Senin (17/4).

Kades Wari Yufianus Maliong mengatakan pihaknya setiap hari mendatangi kantor BKAD untuk memastikan Gaji staf desa namun tidak ada titik terang dari pihak BKAD, setiap hari besar seperti ini pasti ada masalah pembayaran gaji.

“Iya kami ini sudah jenu dengan kondisi seperti ini, karena gaji kami yang sudah termuat dalam APBD ini, masih saja ada keterlambatan pembayaran padahal ini sudah seharusnya di bayar,”jelasnya Senin (17/4).

Dirinya mengaku ada beberapa orang stafnya beragama muslim, sehingga dirinya meminta agar pembayaran gaji ini di percepat karena kebutuhan orang menjelang hari besar ini.

“staf desa saya di wari ini ada yang muslim, sehingga saya sebagai kades ini bertanggung jawab atas keterlambatan gaji ini, saat ini mereka punya kebutuhan menjelang lebaran,”ujarnya.

Keluhan yang sama disampaikan Kades Rawajaya M. Iksan Madu menuturkan dari beberapa kades yang hadir ini ada kades dari Kecamatan Loloda Kepulauan, ini artinya mereka sudah jau-jau datang ke sini namun tidak ada hasil juga merugikan bagi teman-teman kades yang lain.

“Kades-kades yang datang ke BKAD ini bukan hanya kades-kades dari Tobelo dan Galela namun ada juga dari Loloda, seharusnya Pemda harus memprioritaskan mereka, kami dengan pegawai-pegawai lain juga memiliki hak yang sama, kenapa gaji kami dengan bulan-bulan belum di bayar, padahal kami juga punya kebutuhan,”tuturnya.

Jika hari ini gaji kades dan staf tidak di bayar maka sejumlah Kades akan melakukan aksi, sebagai bentuk protes terhadap Pemda yang lalai dan tidak memperhatikan Pemdes.

“hari ini kami menunggu sampai siang jika belum juga di bayar maka kami akan melakukan demonstrasi,”tutupnya.(Al/red)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *