Publikamalut.com
Beranda Headline Gubernur Malut Siapkan Tiga Nama Usulan Pj Bupati Halteng

Gubernur Malut Siapkan Tiga Nama Usulan Pj Bupati Halteng

Gubernur Malut KH Abdul Gani Kasuba 

PUBLIKA-Sofifi, Gubernur Maluku Utara KH Abdul Gani Kasuba akan mengusulkan tiga nama calon Penjabat (Pj) Bupati Halmahera Tengah (Halteng), pasalnya masa jabatan Bupati Halteng Edy Langkara dan Wabup Abd Rahim Odeyani akan berakhir pada bulan Desember 2022.

Usulan Pj Bupati Halmahera Tengah oleh Pemerintah Provinsi Maluku Utara, setelah mendapat surat dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) kepada Gubernur Maluku Utara untuk mengusulkan nama-nama Pj Bupati Halmahera Tengah.

Sekertaris Daerah Samsuddin A Kadir saat dikonfirmasi wartawan, Senin (7/11) mengaku surat dari Mendagri telah diterima, sehingga telah memerintahkan pada Kepala Biro Pemerintahan Setda Malut untuk menyampaikan pada Gubernur Malut usulan nama-nama Pj Bupati Halteng.

”Saya sudah perintahkan pada Biro Pemerintah Setda Malut agar menyampaikan pada Gubernur Malut terkait surat Mendagri usulan nama Pj Bupati Halteng,”katanya.

Samsuddin menjelaskan mekanisme pengusulan nama-nama Pj Bupati, harus ada paripurna DPRD Halmahera Tengah terkait dengan akhir masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Halteng, sebagai dasar usulan Kemendagri, dan paripurna DPRD itu digelar satu bulan sebelum akhir masa jabatan.”kami menunggu hasil paripurna DPRD Halteng akhir masa jabatan Bupati dan Wabup Halteng, informasinya sudah digelar paripurna, maka akan diusulkan,”ungkapnya.

Disentil terkait nama-nama Pj Bupati Halteng yang bakal diusulkan ke Mendagri, kata orang nomor tiga di Pemprov Malut itu mengaku belum mengetahuinya pasalnya itu kewenangan Gubernur Malut menentukan usulan nama-nama tersebut.”nanti Gubernur Malut yang menentukan siap-siap yang diusulkan sebagai Pj Bupati Halmahera Tengah, Mendagri,”singkatnya.

Sementara Kabag OTDA Biro Pemerintahan Setda Malut Taufik Marasabesy saat dikonfirmasi membenarkan surat dari Mendagri terkait dengan usulan Pj Bupati Halmahera Tengah. Pasalnya dalam surat tersebut batas usulan sampai 18 November 2022.

“surat dari Mendagri sudah ada, jadi sementara sedang diproses pengusulan nama-nama PJ Bupati, menunggu arahan Pak Gub, batas waktu sebelum 18 November 2022,”singkatnya.

Informasi yang dihimpun wartawan dari internal Pemprov Malut terdapat tiga nama yang calon Pj Halteng yang disiapkan Gubernur AGK yakni Kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Utara Imam Mahdy Hasan, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Malut Febby Alting dan Kepada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Malut Salmin Janidi.(red)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *