Publikamalut.com
Beranda Advertorial Gubernur Malut: Teruskan Perjuangan Al-Habib Idrus bin Salim Al-Jufri

Gubernur Malut: Teruskan Perjuangan Al-Habib Idrus bin Salim Al-Jufri

 

Gubernur Malut KH Abdul Gani Kasuba meresmikan Pondok Pesantren Salafiyah Alkhairaat, sekaligus peletakan batu pertama pembangunan
Masjid Salafiyah Alkhairaat di Kelurahan Sasa.(dok: Istimewah)

PUBLIKA-TERNATE, Gubernur Malut KH Abdul Gani Kasuba meresmikan Pondok Pesantren (Ponpes) Salafiyah Alkhairaat, sekaligus peletakan batu pertama pembangunan Masjid Salafiyah Alkhairaat di Kelurahan Sasa, Kecamatan Kota Ternate Selatan, Senin (31/1/2022). 

Peresmian Ponpes ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Ketua Umum Pengurus Besar Alkhairaat Palu, Al-Habib Ali bin Muhammad Aljufri, Gubernur KH. Abdul Gani Kasuba, dan Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman. Setelah itu, ketiganya melanjutkan peletakan batu pertama. Kegiatan ini dihadiri juga Danrem/152 Baabullah Ternate, dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Gubernur menuturkan, Al-Habib Idrus bin Salim Al-Jufri membangun Pondok Pesantren Alkhairaat di seluruh Indonesia, hanya dengan modal menjual kain. “Di Ternate yang hari ini telah dibangun Pondok Pesantren Salafiyah Alkhairaat adalah meneruskan perjuangan Al-Habib Idrus bin Salim Al-Jufri,”ungkap Gubernur.

Menurut Gubernur, sejarah singkat Habib Idrus sangatlah luas, sebagian pengikut-pengikutnya sudah banyak yang menjadi orang-orang terhormat. Dan, itu terlahir dari didikan-didikan yang bermula dari Pondok Pesantren Alkhairaat yang didirikan Habib Idrus yang berbeda di seluruh Indonesia.

Olehnya itu, lanjut Gubernur, pembangunan Ponpes Salafiyah Alkhairaat bisa membantu generasi muda di Maluku Utara untuk bersekolah di Ponpes ini, sebagai penerus Habib Idrus. “Dengan adanya Pondok Pesantren Salafiyah Alkhairaat akan bisa mendorong generasi muda untuk selalu belajar keagamaan,”ungkapnya. 

Gubernur juga mengatakan, pembangunan Ponpes Salafiyah Alkhairaat ini merupakan pondok pesantrean yang besar dari proses pembangunannya. “Saya berharap kepada semua yang telah mendukung pembangunan Pondok Pesantren Salafiyah Alkhairaat sebagai penerus Al-Habib Idrus Bin Salim Al-Jufri di Kota Ternate,”ujarnya. 

Sementara, Wali Kota Ternate M.Tauhid Soleman mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate sangat menyambut baik pembangunan Ponpes Salafiyah Alkhairaat di Kelurahan Sasa. Apalagi, sesuai dengan tata ruang Kota Ternate di wilayah Selatan lebih diutamakan untuk pembangunan dunia pendidikan, baik kampus hingga pondok pesantren. “Hari ini ada lagi pembangunan Pondok Pesantren Salafiyah Alkhairaat. Karena memang sebagian besar penduduk Kota Ternate berada di bagian Selatan,”katanya.

Untuk itu, lanjut Wali Kota, dengan adanya pendidikan keagamaan yang baru saja dibangun ini, bisa membantu Pemerintah Kota Ternate dalam mendorong generasi-generasi muda agar lebih fokus belajar keagamaan. “Kita Pemkot Ternate juga akan siap membantu Pondok Pesantren ini, karena kita juga mempunyai kepentingan besar terhadap Pondok Pesantren Salafiyah Alkhairaat ini, untuk bagaimana membangun generasi Islam di masa depan,”pungkasnya.(red)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *