Publikamalut.com
Beranda News Persatuan Insinyur Indonesia Maluku Utara Segera Dikukuhkan

Persatuan Insinyur Indonesia Maluku Utara Segera Dikukuhkan

Nampak kompak,  Ketua Terpilih PW PII Malut periode 2021-2021 Dr. Ir. Husnullah Pangeran (berkacamata) dan Ketua PW PII Malut Periode 2018-2021 Ir. Razak Karim (gunakan peci)  saat Muswil PII Malut 3 November 2021.(dok: Istimewa)

SOFIFI-PUBLIKA, Pengurus Wilayah (PW) Persatuan Insiyur Indonesia (PII) Provinsi Maluku Utara dan Pengurus Cabang (PC) Kota Ternate untuk masa bakti 2021-2024, segera dikukuhkan oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Insiyur Indonesia (PP PII), Dr. Ir. Heru Dewanto, M.Sc (Eng).,IPU., ASEAN Eng., ACPE. Acara pelantikan dilakukan secara hybrid, yaitu secara offline di Ballroom Hotel Batik dan secara online melalui aplikasi zoom,  dijadwalkan pada Jumat (3/12) malam.

Berdasarkan SK yang diterbitkan PP PII tertanggal 12 Desember 2021, terlihat bahwa kepengurusan PW PII Maluku Utara kali ini sangat ‘berwarna’, yang meliputi para Akademisi prodi keteknikan dari berbagai perguruan tinggi di Malut, birokrat dan politisi tingkat provinsi berlatar belakang pendidikan keteknikan, serta para praktisi dari badan usaha jasa konstruksi dan perusahaan pertambangan di Malut.

 Pada struktur pengurus, PII Malut periode 2021-2024 yang bakal dikukuhkan ini diketuai oleh Dr. Ir. Moch Husnullah Pangeran, ST., MT., IPM (Teknik Sipil), dibantu Wakil Ketua M. Abdul Kahar, ST., MT (Teknik Kewilayahan), yang merupakan salah satu Kepala Bidang pada Badan Pengelola Perbatasan Daerah Pemprov Malut. Fungsionaris-fungsionaris pengurus juga diisi oleh nama-nama yang sudah sangat dikenal dalam dunia keteknikan di Malut, diantaranya Muhammad Qadafi, ST. MT, yang juga adalah Ketua Perhimpunan Ahli Pertambangan (Perhapi) Malut, dan Abdul Kadir Arif ST. M.Eng yang diketahui saat ini mengetuai Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Maluku Utara.

Sementara posisi struktur Dewan Penasihat, diketuai oleh Dr. Ahmad Purbaya (Teknik Industri) yang diketahui merupakan Kepala BPKAD Pemprov Malut, Wakil Ketua Saifuddin Djuba, ST., M.Si (Teknik Sipil), yang merupakan Karo PBJ Pemprov Malut, Sekretaris Fachruddin Tukuboya, ST., M.Si (Teknik Industri) yang juga merupakan Kadis Lingkungan Hidup Pemprov Malut. 

Sedangkan struktur anggota Dewan Penasihat juga terdapat Yunus Badar Kadis Perkim Pemprov Malut, dan Sahril Tahir Wakil Ketua DPRD Malut. Adapun Dewan Pakar wilayah diketuai oleh Ir. Razak Karim, ST., MT (Teknik Pertambangan), serta para akademisi dari Universitas Khairun dan UMMU bergelar Profesor, Insinyur Profesional Madya (IPM), hingga Insinyur Profesional Utama (IPU).

Ketua PW PII Malut yang juga Wakil Rektor IV Universitas Bumi Hijrah, Dr. Ir. Moch Husnullah Pangeran, ST., MT., IPM mengatakan bahwa PW PII Malut akan terus berupaya mengawal implementasi UU No. 11 tahun 2014 tentang Keinsinyuran. Setiap Insinyur yang akan melakukan Praktik Keinsinyuran di Indonesia harus memiliki Surat Tanda Registrasi Insinyur (STRI), begitulah bunyi pasal 17 Peraturan Pemerintah No. 25 tahun 2019 tentang Peraturan Pelaksanaan UU No. 11 Tahun 2014 tentang Keinsinyuuran. 

“PW PII Malut sebagai organisasi wadah berhimpun Insinyur yang melaksanakan penyelenggaraan Keinsinyuran Indonesia di Malut, akan berperan aktif untuk terus mengawal implementasi PP tersebut sebagai upaya meningkatkan kompetensi dan profesionalitas Insinyur serta untuk mengembangkan tanggung jawab sosial insinyur pada lingkungan profesi dan masyarakat di sekitarnya,”katanya

Ia mengucapkan selamat dan sukses atas pelantikan PW PII Maluku Utara periode 2021-2024.(red)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *