Publikamalut.com
Beranda Ragam Wisata Baru Telaga Kabau di Kepulauan Sula Mulai Promosikan

Wisata Baru Telaga Kabau di Kepulauan Sula Mulai Promosikan

Telaga Kabau di Kepulauan Sula (dok: istimewa)

PUBLIKA-Sanana, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Bandung (LPPM-ITB), mengunjungi telaga Kabau yang terletak di Kecamatan Sulabesi Barat Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara 

Dosen sekolah arsitektur perencanaan dan pengembangan kebijakan Alhilal Furqan, saat dikonformasi Kamis (31/8/2023) mengatakan. kegiatan ini merupakan kerja sama antara LPPM-ITB dan Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes-PDTT).

berdasarkan usulan dari pemerintah Desa Kabau Darat sejak 2022 kemarin, terkait pengembangan kawasan Telaga Kabau sebagai salah satu destinasi wisata baru,akan menjadi daya tarik para wisatawan, pasalnya selain telaga yang unik juga banyaknya pohon mangrove.

BACA JUGA:

Lounching WCF, Gubernur Malut Sebut Pesona Pulau Widi Memukau

Festival Tanjung Waka 2023, Puluhan Kapal Pasiar Bakal Datang di Kepulauan Sula

 

“Telaga Kabau memiliki pohon mangrove yang cukup banyak. Sehingga, telaga Kabau memiliki daya tarik tersendiri, disini (telaga kabau red) perlu dipromosi melalui media cetak maupun televisi,”ujarnya.

Lanjut dia mengatakan melalui kegiatan ini kita bisa fasilitasi dan mengenalkan kepada lembaga-lembaga, baik itu lembaga vertikal dan lembaga pemerintah sehingga mereka bisa mengirimkan mahasiswa atau pegawai-pegawai pemerintah atau pengawai perusahaan hadir di telaga Kabau.

“Telaga Kabau sepertinya kurang terekspos sehingga kurang dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Maka  melalui kegiatan ini dapat diharapkan bisa dilirik banyak pihak,”harapnya.

Menurutnya  kunjungan perdana ini masih pada tahapan pengambilan data, sehingga akan berkoordinasi lebih dengan  masyarakat Desa Kabau dan pihak terkait.

“Kedatangan kami hari ini,  hasilnya kita terbitkan melalui buku atau dari media-media populer di Indonesia”tegasnya.

Selain  itu, pihaknya akan menyampaikan kepada Kemendes-PDTT sekaligus Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), terkait dengan telaga Kabau kedepan.

Kunjungan rombongan LPPM-ITB ini pada Rabu 30 Agustus 2023 kemarin, disambut meriah oleh Kepala Desa sekaligus bertatap muka dengan warga. Usai bertatap muka rombongan LPPM-ITB dan Kepala Desa serta puluhan warga menggunakan motoris mengelilingi telaga Kabau.Cr03/red).

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *