Publikamalut.com
Beranda Daerah Potensi Gelombang Tinggi di Perairan Sula, BMKG Imbau Warga Waspada 

Potensi Gelombang Tinggi di Perairan Sula, BMKG Imbau Warga Waspada 

Ilustrasi gelombang tinggi (dok: istimewa)

PUBLIKA-sanana, Waspada, tiga hari kedepan di wilayah Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara berpotensi gelombang tinggi 1.5 meter dan hujan ringan di beberapa titik Kecamatan Sanana dan Pulau Mangoli.

Prakirawan Badan Meteorologi klimatologi dan Geofisika, (BMKG) Kepulauan Sula, Ni Putu Deby Ayu Sandra mengatakan, kondisi cuaca wilayah Kepulauan Sula satu pekan kedepan dapat berpotensi terjadinya hujan ringan. pada pagi, malam dibeberapa titik di wilayah Kecamatan Sanana Utara, Sulabesi Barat dan Sulabesi Timur dan Daerah Mangoli Selatan hingga Mangoli Utara Timur.

Lanjut Ayu, kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan mempengaruhi kecepatan angin disepanjang daerah konvergensi.

“Arah dan kecepatan angin secara umum bertiup dari Tenggara – Barat Daya dengan kecepatan 10 – 20 km/jam, dengan suhu berkisar antara 24.0 °C – 33.0 °C, dan kelembaban relatif antara 60– 95%”, jelas Ayu.

Selain  terjadi again kecang, adapula gelombang di perairan Kepulauan Sula.

“Informasi Tinggi Gelombang Signifikan Wilayah Kepulauan Sula mencapai 1.0 – 1.5 Meter pada tanggal 15 Juni 2023”, ucapnya.

Kata Ayu, hal ini diakibatkan adanya sirkulasi sikonik di wilayah Timur Filipina dan Barat laut Papua yang mengakibatkan terjadinya belokan angin hingga cenderung lemah di daerah Kepulauan Sula.

Serta dengan terbentuknya daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang terjadi di sebelah wilayah utara Papua hingga melewati wilayah Maluku Utara.(Cr03/red).

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *