Publikamalut.com
Beranda News Meningkatkan Minat Membaca, Siswa SMA 11 Kepsul Gelar Kema Pramuka

Meningkatkan Minat Membaca, Siswa SMA 11 Kepsul Gelar Kema Pramuka

siswa SMA N 11 Kepsul Gelar Kema Pramuka (dok: (Anto/PUBLIKAmalut.com)

PUBLIKA-Sanana, Siswa Siswi SMA Negeri 11 Kecamatan Sulabesi Tengah, Kabupaten Kepulauan Sula.melaksanakan kegiatan perkamahan dengan tujuan pengujian SKU tinggkat Penegak Bintara atau Laksana. Sekaligus pembentukan literasi untuk meningkatkan minat pembaca bagi peserta didik.

Kegiatan yang berlangsung di halaman sekolah kurang lebih selama satu pekan itu didampingi oleh pembina gugus Tamu Ambalan Gudep Saa Pon. 

“Dengan bersandar pada Petunjuk Pelaksanaan cara menilai kecakapan Pramuka nomor 273 tahun 1993 pada poin C.” Ungkap Sarif Umanailo selaku ketua gugus kepada wartawan, Rabu 12 Oktober 2022

Sarif mengaku dengan adanya kegiatan ini para anggota sudah mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba dengan diajari tentang nilai-nilai penting dalam SKU selama dua minggu.

“Selama dua minggu lebih anggota pramuka dibekali dengan latihan harian untuk mnguasai poin-poin penting dalam SKU serta menanam rasa tanggung jawab dalam diri anggota.” Jelasnya.

Pembina gugus mengatakan, dalam kegiatan perkemahan ini juga mendapat dukungan dari pihak sekolah, dan bahkan gugus yang ada.

“Guru-guru sangat mendukung kegiatan Perkemahan tersebut sehingga guru-guru pun mndapat bagian untuk menguji dan menilai SKU anggota sesuai mata pelajaran.” Tuturnya

Selain itu Sarif juga mengungkapkan penilaian lakukan harus tegas dan benar supaya murid-murid yang mengikuti perkemahan mendapat bekal dan memahami apa yang di ajarkan.

“Saya perlu tekankan sekali lagi, bahwa Pengujian dan penilaian SKU harus benar-benar menjadi prioritas utama agar apa yang diuji menjadi bekal Anggota Pramuka di kemudian hari,”harapnya.

“Dan saya harap Guru yg diberi tanggungjawab menilaipun haruslah benar-benar menguji, jangan hanya tanda tangan, agar peserta belajar berusaha.” Sarif menambahkan.

Selain itu panitia pelaksanaan kegiatan juga meberi penghargaan bagi siswa siswi yang lolos ujian. Kegiatan ini juga diselingi dengan pembentukan literasi guna meningkatkan belajar formal atau informal.

“Kegiatan ini buat dari ide ide kreatif kami bersama senior yang ada, dan pembentukan literasi. Kemudian ada pula hadia bagi perserta yang lolos masing-masing diberi sertifikat.” Tutup Apon.(tr-03/red)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *