Publikamalut.com
Beranda News Kasus Stunting di Malut Lewati Angka Nasional

Kasus Stunting di Malut Lewati Angka Nasional

Kegiatan penilaian kinerja dan pelatihan pelaksanaan aksi konvergensi percepatan penurunan Stunting di Malut (dok : Biro Adpim Setda Malut)

PUBLIKA-SOFIFI, Berdasarkan Survei Status Gizi Balita Indonesia atau SSGBI, tahun 2021 kondisi stunting provinsi Maluku Utara sudah turun, namun masih atas angka nasional dimana kasus Stunting di Malut  29,1 persen dan rata nasional adalah 27,6 persen.

Sekertaris Dearah Provinsi Maluku Utara Samsuddin A Kadir mengatakan angka ini bukan angka yang cukup menggembirakan karena masih berada di atas angka toleransi WHO yaitu dibawah 20perssn,  Sejalan dengan itu menurutnya, Pemerintah dalam hal ini Presiden Joko Widodo secara langsung menargetkan pada tahun 2024 nanti angka prevalensi stunting di Indonesia secara rata-rata berada diangka 14% dan Provinsi Maluku Utara juga telah menetapkan target dalam RPJMD 2020-2024 adalah 14 persen.

“ini harus menjadi perhatian semua stakeholder yang memikul tanggungjawab, baik pemerintah Pusat, Provinsi maupun Kabupaten/Kota.” Ucapnya 

Menurutnya, Situasi saat ini dimana pemerintah fokus pada upaya penanganan pandemi, tetapi tentu saja tidak meninggalkan pentingnya kebijakan menurunkan prevalensi stunting. “Harus Kolaborasi semua pemangku kepentingan yang dinilai sangatlah penting untuk dilakukan, sehingga upaya-upaya pemerintah dalam menghadapi pandemi sekaligus dapat memenuhi kecukupan gizi masyarakat harus mampu dilakukan secara bersama-sama,”harapnya 

Orang nomor tiga di Malut ini juga berharap kepada panitia pelaksana beserta tim penilai provinsi, agar tim penilai dapat bekerja dengan profesional dan objektif dalam  melakukan penilaian aksi konvergensi  yang nantinya dapat memberikan  manfaat bagi upaya pencegahan, penaggulangan dan penanganan stunting di Provinsi Maluku Utara Agar lebih baik lagi kedepan. Ungkapya. (*)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *